Metode Pembelajaran Alef Menjadikan Pelajaran Matematika Lebih Menyenangkan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati anak, apalagi jika waktu pembelajarannya dilaksanakan pada waktu siang hari. Oleh karena itu guru matematika harus mampu berinovasi metodologi dalam menyampaikan materi pelajaran supaya anak merasa senang dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penerapan metodologi Alef dalam pembelajaran matematika merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan  untuk menyampaikan materi yang lebih menyenangkan.

Festi Indah Yulianti selaku guru Matematika di lembaga pendidikan MTs. Cokroaminoto Tanjungtirta kecamatan Punggelan kabupaten Banjarnegara pada hari Kamis (12/1/23) mencoba menerapkan metodologi Alef yang ia dapatkan dalam pelatihan yang ia ikuti belum lama ini. Penerapan metodologi yang ia yakini efektif untuk membuat anak senang dalam belajar ia praktikan bersama anak-anak kelas 7.2 di laboratorium komputer Mascot. Proses pembelajaran yang menyenangkan terlihat nyata dari ruangan laboratorium tersebut meskipun cuaca panas menghiasi siang itu.

Menurutnya, pelajaran matematika yang pada awalnya menakutkan dan menyebalkan bagi beberapa siswa tidak terlihat lagi dalam proses belajar mengajar hari itu. Baik guru maupun siswa saling berkomunikasi dengan indahnya. Dengan menerapkan metode Alef ini terjadi interaksi yang begitu harmonis dimana antara guru dan siswa merasa senang dan tidak terlihat tegang dalam belajar. Disamping itu menurut Festi belajar matematika dengan menggunakan metode alef tidak melulu belajar matematika namun didalamnya juga dapat mengintegrasikan antara pelajaran TIK dan bahasa inggris, anak-anak menjadi lebih aktif dan kreatif dalam belajar karena mereka menggunakan cara  diskusi dan peer teaching. Dengan menggunakan Alef guru tidak lagi menjadi satu satunya yang menjadi pembimbing namun teman sebayapun bisa menjadi pembimbing diantara teman mereka sendiri.

“Ternyata mengajar matematika dengan menggunakan metode Alef selama 3 jam meskipun dilaksanakan pada siang hari menjadi menyenangkan dan bahkan terasa waktu berlalu begitu cepat. Alef sangatlah membantu dalam menyampaikan pelajaran dengan menyenangkan. Siswa –siswi terlihat begitu menikmati dan senang dalam mengikuti pelajaran hingga selesai jam pelajaran bahkan saat mereka mengerjakan soal sambil main game kelas terasa begitu hidup dan terdengar kebahagiaan disana sini.” Ungkap Festi.

Salah satu siswa kelas 7.2, Niyala Naja, menyampaikan bahwa saat ia belajar menggunakan Alef bersama dengan teman teman sangat menyenangkan. menurutnya materi yang disampaikan menggunakan video dapat dipahami dengan mudah karena didalamnya terdapat contoh-contoh materi yang disampaikan. Selain itu ia dan teman temannya merasa senang saat mengerjakan soal yang terdapat dalam game. Ia dapat mengerjakan soal-soal sambil bermain. Setelah selesai mengejakan soal sambil bermain ia juga dapat melihat kesalahan dan nilai yang ia dapatkan secara langsung.

“Pokoknya pembelajaran hari ini terasa sangat menyenangkan, asyik dan tidak membosankan meskipun yang dipelajari adalah matematika,” ucap Niyala. (rw/rf)