MIN 1 Rembang Gelar Giat Jumat Bersih

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Peduli lingkungan, MIN 1 Rembang mengadakan Jumat bersih pada 12 Desember 2022. Budaya Jumat Bersih merupakan  kebiasaan yang baik dan menyehatkan dengan berbagai manfaat, di antaranya menumbuhkan cinta dan peduli terhadap lingkungan Madrasah.

 Kepala MIN 1 Rembang, Ahmad Fahimi mengatakan tujuan utama dari kegiatan Jumat bersih adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan siswa akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan.

“Perilaku hidup bersih sangat menentukan pola hidup sehat di lingkungan tempat belajar khususnya. Lingkungan yang sehat dapat meningkatkan konsentrasi belajar yang lebih tinggi dan mendukung sikap belajar yang antusias, sehingga mempengaruhi produktifitas siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar,” kata Fahimi.

Kegiatan Jum’at bersih dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah mulai dari karyawan, siswa, guru, dan Kepala madrasah,ujarnya.

Guru PJOK Sadhikul Aziz Eka Matif,S.Pd.I. juga mengatakan kegiatan Jumat bersih dapat melatih gerakan motorik dan lokomotorik.

 Selain menjaga kebersihan lingkungan madrasah, para siswa diharapkan dapat terbiasa bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal ini sebagai salah satu perwujudan Profil Pelajar Pancasila, Gotong Royong. Yaitu mereka dapat melakukan kegiatan bersama-sama dengan suka rela agar pekerjaan berjalan lancar, mudah, dan ringan.

Kerja bakti membersihkan kelas masing-masing dengan dibimbing oleh wali kelas. Para siswa sangat antusias melaksanakan kerja bakti, saling membagi tugas. Hal ini terlihat dengan mereka sembari asyik mengobrol ringan dan sesekali diselipi canda yang menimbulkan gelak tawa. – yuni/iq/rf