Monitoring, Ajang Evaluasi Pembelajaran PAI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – H.M. Faojin selaku Pengawas PAI Kankemenag Kota Semarang menuturkan, monitoring dan pembimbingan desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam kepada GPAI merupakan tusi utamanya.

“Melalui pembimbingan, kita berdialog, berdiskusi dengan guru-guru binaan kami, untuk membuat desain pembelajaran PAI yang sesuai dengan kurikulum saat ini, dan menyesuaikan situasi dan kondisi atau perkembangan zaman,” tuturnya kepada penulis, Selasa (1/8/2023), melalui pesan whatsapp.

“Secara rutin, kita juga melakukan monitoring, untuk mengevaluasi kemajuan belajar siswa atas desain yang dibuat, sejauh mana siswa memahami materi yang disampaikan, dan memantau tingkat penerapan nilai-nilai budi pekerti dalam perilaku siswa,” imbuhnya.

Ia mengatakan, pendekatan berdiferensiasi memungkinkan para guru dan pembimbing untuk menyesuaikan metode dan materi pembelajaran yang sesuai bagi siswa berdasarkan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa itu sendiri, serta memberikan dukungan yang lebih tepat dan terukur.

Mengakhiri percakapannya, H.M. Faojin mengirimkan dokumentasi kegiatan pada saat melaksanakan berkunjung ke SMK Ibu Kartini beberapa waktu lalu, untuk memberikan pembinaan dan monitoring GPAI setempat yaitu, Siti Chikmah dan Siti Kholilah.

Nampak dalam foto yang dibagikannya, kedua GPAI SMK Ibu Kartini tersebut menyimak dengan seksama penjelasan H.M. Faojin.(Faojin/NBA/bd)