MTs Negeri 7 Boyolali Gelar Workshop Penyusunan (KTSP)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 7 Boyolali menggelar Workshop dalam rangka Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kegiatan Workshop  ini berlangsung pada Rabu (13/07) dari pukul 07.30 hingga  pukul 12.00. Peserta terdiri dari seluruh Guru dan Pegawai MTs Negeri 7 Boyolali.

Dalam sambutannya, Kepala MTsN 7 Boyolali Chambali, menyampaikan bahwa kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum ini bukanlah kegiatan yang bersifat insidental usulan dari bidang kurikulum, akan tetapi memang sebuah agenda rutin yang mesti diadakan di setiap awal tahun pelajaran. Kegiatan tersebut mutlak dibutuhkan karena di dalamnya akan mereview visi, misi dan tujuan madrasah serta program kegiatan dan arah pengembangan yang berkenaan dengan keberlangsungan institusi madrasah di tahun yang akan dijalani dan seterusnya.

“Kegiatan penyusunan KTSP ini memang menjadi agenda rutin kita untuk mengimplementasikan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan madrasah,” kata Chambali

Bertindak selaku narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Drs. H. Daromi, M.Pd selaku Pengawas Madrasah Kemenag Kabupaten Boyolali. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan materi berkenaan dengan kebijakan dan hal-hal prinsip yang perlu dicantumkan dalam penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di MTs Negeri 7 Boyolali di tahun pelajaran 2022/2023. Termasuk di dalamnya adalah isu pemberlakuan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada satuan pendidikan Madrasah sesuai KMA Nomor 354 Tahun 2022. Dalam penjelasannya, disampaikan bahwa penyusunan kurikulum satuan pendidikan ini masih berpedoman pada kurikulum lama, tetapi tetap harus mempersiapkan diri memahami karakteristik IKM, serta perbedaannya dengan kurikulum sebelumnya.

“Bapak ibu harus lebih peka dan tanggap terhadap informasi, pahami regulasi terbaru tentang pendidikan, yang terbaru adalah kurikulum merdeka belajar, pahami kemudian implementasikan pada proses pembelajaran,” ungkapnya.

Pada kegiatan selanjutnya, sesi tanya jawab dan pembahasan draf Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) MTs Negeri 7 Boyolali yang dipandu oleh Bapak Bambang Sugeng, M.Pd. selaku Waka Kurikulum berjalan dengan sangat baik. Peserta menanggapi dengan antusias setiap materi pembahasan draf KTSP yang disampaikan. Sesi ini diwarnai juga dengan adu argument dan perdebatan antar peserta yang tetap berjalan dengan sangat tertib dan lancar. Kepala Madrasah beserta seluruh peserta bersama-sama mencurahkan pendapat demi terwujudnya KTSP yang terbaik bagi madrasah. (P/ZN/Jaim/rf)