Mujahadah, Awali Tahun Pelajaran Baru di MIN 1 Kebumen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Jum’at (22/7) pagi yang teduh dan sejuk mengiringi lantunan mujahadah di pelataran MIN 1 Kebumen. Nampak ratusan peserta didik kelas 4,5, dan 6 didampingi para guru, khusuk mengikuti kegiatan rutinan yang baru bisa dilaksanakan setelah vakum selama liburan semester. Kegiatan penguatan karakter religius tiap Jum’at pagi ini, sekaligus menjadi momen pengarahan dan penyemangat kepala MIN Kebumen kepada warganya.

Widyastuti M.Pd. selaku Kepala Madrasah menyampaikan agar peserta didik tetap disiplin menjaga kesehatan. “Jangan pernah berfikir corona sudah hilang, namanya virus tidak kelihatan, kita tidak tahu ada virus jenis apa dan menyebar kemana saja” demikian ia sampaikan kepada peserta mujahadah.

Widyastuti menekankan, agar anak-anak membawa makanan dari rumah dan harus sarapan. “Jangan tidak sarapan dan malah jajan” begitu tegasnya. Bertindak sebagai imam mujahadah, Khas Khasol Khaq, S.Pd.I, salah seorang guru MIN 1 Kebumen sekaligus sesepuh desa setempat.

Khasol berpesan, ketika bermujahadah memohonlah dengan sungguh-sungguh. “Urusan permohonan kepada Allah terkabul atau tidak itu hak Allah, namun dengan kesungguhan, peluang terkabulnya lebih besar”. demikian katanya. Ia juga menekankan pentingnya peserta didik membawa makanan sehat khususnya makan sayur.

Seusai rangkaian pembacaaan Surat Yaa Siin, Tahlil, dan Asmaul Husna, peserta didik diimbau untuk menyiapkan diri menyambut agenda terdekat yang akan dilaksanakan madrasah seperti peringatan Hari Anak Nasional dan Jambore Penggalang tingkat kabupaten. Setelah pengarahan, peserta didik masuk kembali ke kelas masing-masing untuk mengikuti pembelajaran.(fz/rf).