NonASN Kankemenag Kota Semarang Terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Senin (31/10/2022) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, Mukhlis Abdillah, menyerahkan kartu kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kepada pegawai nonASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan kerjanya.

Penyerahan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan apel pagi yang digelar di halaman kantor, dan disaksikan oleh ASN Kankemenag Kota Semarang.

Pembiayaan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan tersebut merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Kankemenag Kota Semarang dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Semarang.

“Sekitar seminggu yang lalu, Kemenag Kota Semarang telah menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan BAZNAS Kota Semarang, salah satunya terkait pembiayaan akan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi pegawai nonASN di lingkungan kantor seperti satpam, petugas kebdan juga KPRI Tulus Karya yang merupakan koperasi pegawai Kankemenag Kota Semarang, ” terang Cholidah Hanum Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Gara Zawa) sekaligus selaku Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kota Semarang, selepas pelaksanaan apel pagi.

Ia menerangkan, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu upaya dari Kankemenag Kota Semarang untuk memberikan perlindungan dan atau peningkatan kesejahteraan bagi pegawainya. “Kami mengusulkan kepada Ketua BAZNAS Kota Semarang agar rekan-rekan nonASN di lingkungan kami bisa terakomodir untuk kepesertaan BPJS Ketenagakerjaannya. Dan alhamdulillah hal ini disambut baik oleh BAZNAS, sehingga bisa terealisir harapan kami untuk memberikan perlindungan dan atau peningkatan kesejahteraan bagi mereka,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, ASN Kankemenag Kota Semarang menitipkan pengeluaran zakat profesinya melalui UPZ setempat, dan zakat yang terkumpul tersebut disetorkan oleh UPZ Kankemenag Kota Semarang kepada BAZNAS Kota Semarang. Salah satu bentuk pengembalian pengelolaan zakat dimaksud yaitu melalui pembiayaan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi nonASN di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.

“Semoga kepesertaan ini memberikan manfaat dan keberkahan bagi ASN dan nonASN Kankemenag Kota Semarang, serta BAZNAS Kota Semarang,” ujarnya.(Arya/NBA/bd)