Nur Abadi: Alhamdulilah, Gladi Kirab Obor Berjalan Lancar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Grobogan (Humas)-Pembukaan Pospenas IX Tingkat Nasional Tahun 2022 di kota Surakarta sudah tinggal menghitung hari. Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah jauh-jauh hari mempersiapkan semuanya.
 
Minggu, 20/11 diadakan gladi acara Kirab Obor Pospenas IX di Mrapen, Kab. Grobogan. Rencana akan dihadiri Direktur PD. Pontren Kemenag RI, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Bupati Grobogan dan Forkopimda Jateng.
 
Kabid PD. Pontren Kanwil Kemenag Jateng, Nur Abadi, saat ditemui tim humas menyampaikan persiapan Kirab Obor sudah 100%.
 
“Gladi Kirab obor berjalan lancar, dan InsyaAllah kita makin siap menyongsong Pospenas IX Tingkat Nasional Tahun 2022 di kota Surakarta,” ucap Nur Abadi
Pengambilan obor api dari api abadi Mrapen dilakukan oleh para santri Pondok Pesantren Hidayah Karang Rayung, Grobogan.

Api kemudian diserahkan kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni lalu ke Wakil Gubernur Taj Yasin dan diteruskan ke Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI, Waryono Abdul Ghofur.

Dari Waryono, api diserahkan ke perwakilan santri Muhammad Ulil Abshar dan Silva Hanita menuju ke Ponpes Girikusumo Mranggen, Demak. Wagub, pejabat Forkompinda serta pejabat lainnya sempat ikut berlari dengan kontingen pembawa kirab sebagai bentuk dukungan.

Menurut laporan Kepala Bidang Pendidikan Pondok Pesantren, Nur Abadi mengatakan mengatakan Pospenas adalah event olahraga pondok pesantren yang dilakukan rutin setiap tahun. Dan kegiatan Pospenas yang dilaksanakan disurakarta diikuti lengkap dari 34 Provinsi di Indonesia. Dengan total ada  2.876 santri yang terlibat di event yang sempat tertunda lantaran pandemi Covid-19 tersebut.

“Dan esok diawali dengan pengambilan Api Abadi Mrapen dan pawai obor Pospenas dimulai pada 21-22 November dari Api Abadi Mrapen, Grobogan menuju Ponpes Girikusumo Mranggen, Demak, dilanjutkan ke Ponpes Al Mas’udiyah, Kabupaten Semarang dan diteruskan Kantor Walikota Surakarta. 

Kegiatan POSPENAS akan diakhiri dengan Jateng Bershalawat pada 26 November 2022 bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf. Pospenas adalah seni bidang olahraga dan seni ponpes.

brf