Pancasila Merupakan Dasar Negara dan Pandangan Hidup

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Ketua Pokjawas PAI Kemenag Kota Semarang, H.M. Faojin, di sela-sela kegiatan Raker dan reorganisasi KKG PAI, Rabu (14/12/22), yang dilaksanakan di Hotel Candi Indah, menyampaikan harapan agar KKG PAI Kota Semarang dapat berkontribusi riil dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam yang mengalami penurunan akibat pandemi.

Selain itu, ia juga mendorong adanya aksi nyata program moderasi beragama di sekolah. “Penguatan moderasi beragama merupakan salah satu program prioritas Kemenag. Untuk itu, kami mengimbau adanya aksi nyata pengaplikasian program tersebut di sekolah, seperti memasukkan muatan moderasi beragama dalam kurikulum, atau kegiatan kemah moderasi beragama dan lain sebagainya,” tuturnya.

“Negara Indonesia merupakan negara yang multi agama, oleh karenanya the founding fathers menetapkan Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup. Pancasila mengajarkan bagaimana saling menghormati, menghargai, dan menjaga toleransi dengan pemeluk agama lain, sehingga terwujud harmonisasi. Hal ini selaras pula dengan ajaran Alquran, yang mengajarkan tentang kedamaian,” imbuhnya.

Pernyataan tersebut pun turut ditandaskan oleh Sekretaris Disdik Kota Semarang dalam sambutannya, yang juga mengimbau GPAI menjadi insan moderat dan teladan bagi peserta didik.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kakankemenag Kota Semarang yang didampingi Kasi PAI, Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD dan Kasi GTK SD Disdik Kota Semarang, Pengawas PAI, serta Pengurus KKG PAI Kecamatan se-Kota Semarang.(M.Rokhimin/Faojin/NBA/bd)