Partisipasi Siswa MA Nurul Huda Mereng dalam ETK Kwarda Jateng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Perjalanan Estafet Tunas Kelapa (ETK) tahun 2023 telah memasuki Kabupaten Pemalang. Bertempat di Desa Simpar Kabupaten Tegal dan Desa Gambuhan,┬áKecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang pada hari Minggu (27/8/2023) telah berlangsung penyerahan panji ETK dari Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Tegal kepada Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Pemalang. Timbang terima antara Kwarcab Tegal dan Kwarcab Pemalang berlangsung sukses dan khidmat. Dihadiri langsung oleh Plt. Bupati Pemalang selaku Ketua Mabicab Pemalang yaitu Kak Mansur Hidayat sebagai penerima, dan yang menyerahkan dari Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun.

Kak Mansur selanjutnya menyerahkan tunas kelapa kepada Arga Pramana, perwakilan anggota pramuka penegak dari MA Nurul Huda Mereng Kecamatan Warungpring. Pasukan estafet tunas kelapa yang dikomandoi oleh Arga Pramana selanjutnya berjalan menuju ke Balai Gandrung Gambuhan diiringi Mabicab dan Mabiran di Pemalang untuk melaksanakan upacara penyemayaman.

Selanjutnya tunas kelapa akan dibawa ke tujuan akhir di Bukit Tangkeban Kecamatan Pulosari bersamaan dengan upacara hari Pramuka pada tanggal 30 Agustus 2023 yang akan dihadiri langsung oleh Gebernur Jawa Tengah selaku Ketua Mabida Provinsi Jawa Tengah yaitu Kak Ganjar Pranowo. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan kepada 30 anak yatim dari Gerakan Pramuka Kwarcab Pemalang. Penyerahan bantuan dilakukan oleh Kak Mansur.

“Saya bersyukur bisa menghadiri acara ini dan saya terkesan karena masyarakat antusias dalam menyambut ETK dari berbagai unsur kepramukaan demi mensukseskan jalannya ETK dan yang terlibat sangat luar biasa semangatnya. Acara ini juga ada penyerahan santunan, itu menjadi salah satu kita berpramuka juga bersosial,” kata Kak Mansur saat diwawancarai oleh Naila Sukwega, siswa MA Nurul Huda Mereng.

Jurnalis pramuka Garuda siswa MA Nurul Huda Mereng Naila Sukwega mewawancarai Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat (ns – 27/8/2023)

Keterlibatan siswa MA Nurul Huda Mereng pada kegiatan ini menunjukkan arti penting siswa madrasah. Adalah harapan kita semua, bahwa siswa-siswa Madrasah Aliyah dapat terus berprestasi dan mewarnai kemajuan gerakan pramuka di Tanah Air. (dfm/fi/rf)