Pelaksanaan CAT IPMB 2022 Pada MAN Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Selasa (27/12/22) MAN Pekalongan menjadi pusat penyelenggaraan Computer Assisted Test Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama (CAT IPMB) Kementerian Agama Kab. Pekalongan tahun 2022. Kegiatan survei CAT IPMB berlangsung secara nasional pukul 08.00 – 16.30 WIB yang terbagi menjadi 4 sesi. Kegiatan survei CAT IPMB Kemenag Kab. Pekalongan terbagi 2 titik lokasi yaitu MAN Pekalongan dan MTS N 1 Pekalongan. Kegiatan survei CAT IPMB Kemenag Kab. Pekalongan diikuti ASN sejumlah 902 orang dan P3K sebanyak 9 orang.

Drs. H. Sukarno, M.M. Kepala Kementerian Agama Kab. Pekalongan menyampaikan bahwa survei IPMB bertujuan mendukung pelaksanaan RPJM Nasional 2020-2024 dan Rencana Strategis Kementerian Agama. Survei juga sebagai upaya mewujudkan sumber daya manusia menjadi aparatur yang profesional dan moderat.

Pada kesempatan ini Beliau memaparkan persiapan CAT IPMB sebagai berikut :

  1. Sebelum pelaksanaan CAT semua ASN diberikan arahan untuk mengikuti kegiatan secara serius dan sungguh-sungguh yakni
    semua peserta agar mempersiapkan diri dengan baik, menyiapkan laptop, paket data, dan 30 menit sebelum CAT dimulai sudah harus berada di lokasi.
  2. Agar pelaksanaan CAT dapat berjalan dengan baik, panitia telah melakukan langkah-langkah yang baik dan terukur, diantaranya melakukan sosialisasi, menyiapkan tempat, melakukan pembekalan, melakukan uji coba perangkat dan uji coba soal CAT.
  3. Pada pelaksanaan CAT ini ada 2 hal yang akan diukur yaitu aspek profesionalisme dan moderasi beragama.

Drs. H. Muqodam, M.Sy Kasubag TU Kemenag Kab. Pekalongan selaku Ketua Panitia menambahkan pelaksanaan survei IPMB akan dilakukan dalam 4 sesi. Peserta wajib membawa laptop dan handphone/modem untuk teatring internet dan wajib melakukan instal Safe Exam Browser (SEB) pada laptop yang akan digunakan. Panitia menyiapkan satu ruangan khusus yang dilengkapi dengan komputer di labkom MAN Pekalongan untuk mengantisipasi peserta yang terkendala internet.

Sejak pagi tampak ASN Kemenag Kab. Pekalongan mengikuti runtutan pembukaan CAT IPMB secara online. Acara pembukaan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya di ruang ujian 1 s.d. 3. Selanjutnya menyaksikan sambutan Menteri Agama, Sekjen Kemenag RI dan Kepala Biro Kepegawaian RI. Kegiatan ini menjadi
penyegar dan penggugah untuk meningkatkan profesionalisme dan moderasi beragama. ASN Kemenag diharapkan menjadi motor penggerak, cermin sikap dan perilaku keberagaman yang ditunjukan dengan profesionalisme dan moderasi beragama serta menerapkan budaya kerja.

Drs. H. Syaeifuddin, M.Pd Kepala MAN Pekalongan menyampaikan terima kasih atas ditunjuknya MAN Pekalongan menjadi tempat penyelenggaraan CAT IPMB. Semoga kegiatan berjalan lancar. Aamiin. (MC-NA/MTb/bd)