Pelepasan Peserta Didik Kelas 9 MTs Cokroaminoto Wanadadi Adakan Prosesi Sungkeman Kepada Orang Tua

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Rabu, 15 Juni 2022 MTs Cokroaminoto wanadadi menggelar prosesi Pelepasan dan Wisuda kelas 9 Tahun Pelajaran 2021/2022. Acara pelepasan dan wisuda sudah menjadi tradisi madrasah setiap tahun. Namun, adanya pandemi kegiatan ini sempat berhenti selama 2 tahun dan  ditahun ini MTs Cokroaminoto baru menggelar kembali acara prosesi pelepasan dan wisuda.

Acara tersebut berlangsung di halaman madrasah dan diikuti oleh 60 siswa putra maupun  putri  kelas 9 yang didampingi oleh wali murid. Acara di mulai dari pukul 13.00 sampai pukul 17.00 WIB. Dengan penuh kebahagiaan siswa kelas 9 mengikuti prosesi wisuda dan pelepasan dengan tertib dan hikmat. Siswa putri tampak cantik dengan berkebaya dan siswa putra tampak rapi nan gagah dengan memakai jas.  

Dalam acara pelepasan kali ini selain dihadiri wali murid kelas 9 juga di hadiri oleh Ketua Yayasan Pendidikan Islam Cokroaminoto Banjarnegara, Komite Madrasah, dan semua guru serta karyawan MTs Cokroaminoto Wanadadi.

Rangkaian acara di buka oleh MC dengan tiga bahasa (Inggris, Arab, dan Indonesia). Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua komite. Dalam sambutannya, ketua komite MTs Cokroaminoto Wanadadi, Musobihin mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada civitas akademik MTs Cokroaminoto Wanadadi yang hari ini mewisuda dan melepas 60 siswa yang harapannya lulus semua dan nilainya baik semua.

“Bapak ibu wali murid semuanya sudah tepat menyekolahkan putra putrinya di madrasah ini, karena di madrasah pun siswa dan siswinya banyak yang berprestasi dan menjadi anak yang saleh-salehah. Dengan belajar di madrasah mereka banyak memperoleh berbagai pelajaran yang nantinya bisa berguna bagi agama bangsa dan Negara. Harapannya setelah lulus dari madrasah tsanawiyah ini para siswa bisa melanjutkan ke madrasah aliyah ataupun ke jenjang sekolah  yang lebih tinggi,” tuturnya.

Tidak ketinggalan berbagai macam penampilan dari para siswa baik kelas 7,8 maupun kelas 9 yang telah mereka persiapkan jauh hari bersama tim guru yang akan tampil pada acara tersebut. Siswa kelas 7 dan 8 memberikan persembahan tari semapur dan tari wonderful Indonesia kemudian siswa kelas 9 mempersembahkan puisi perpisahan untuk guru dan adik-adik kelas 7,8 yang kemudian disambut puisi dari guru yang dipersembahkan khusus untuk kls 9 menambah kemeriahan acara.

Selain itu juga terdapat acara tahfidz yang dilanjutkan dengan sambung ayat sebagai upaya untuk memotivasi para siswa agar terus belajar dan terus belajar dalam meningkatkan hafalan dan mempelajari Al-Quran sebagai wujud cinta Al-Quran sebagai bekal dan pedoman hidup.

“Tidak ketinggalan disela-sela acara juga terdapat prosesi sungkeman dengan orang tua masing-masing sebagai wujud terima kasih dan permohonan maaf dari anak-anak untuk orang tua masing-masing,” ucap Guru MTs Cokroaminoto Wanadadi, Dwi Stia Utami  

Dalam prosesi sungkeman tersebut diiringi dengan puisi syahdu dan sholawat dari grup rebana MTs Cokro Wanadadi membuat setiap yang hadir terharu hingga tak kuasa menitikkan air mata bahkan sampai terisak.

Diakhir acara Wisuda dan Pelepasan ini Kepala MTs Cokroaminoto Wanadadi menyerahkan penghargaan kepada 3 siswa terbaik kelulusan tahun pelajaran 2021/2022 yaitu: 1) Syahida Cita KHoirunnisa, 2) Zweta Hariani Mansur, 3) Melisatun Khasanah. Beliau juga berharap semua siswi nantinya bisa melanjutkan kejenjang sekolah yang lebih tinggi. (ds/ak/rf)