Pelunasan BPIH Calon Jemaah Haji Telah Dibuka

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Grobogan – Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) resmi dibuka. Kementerian Agama Kab.Grobogan membuka dua tahapan waktu pelunasan ongkos naik haji tersebut. Tahap pertama dibuka mulai 19 Maret hingga 15 April 2019. Akan dilanjutkan dengan tahap kedua pada 30 April–10 Mei 2019.

Menurut Keterangan Kasi Penyelenggara Haji & Umrah (PHU) Kemenag Kab.Grobogan Abdur Rouf mengatakan, ketentuan pelunasan BPIH itu diatur pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 8 Tahun 2019 tentang BPIH Tahun 1440 H/2019 M. Keppres itu ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 14 Maret 2019.

“Sementara besaran BPIH untuk calon haji asal Kab.Grobogan yang masuk dalam Embarkasi Solo adalah Rp 36.586.945, bersama dengan calon haji lainnya di wilayah Jawa Tengah,” ungkap Rouf saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (21/03).

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 140 Tahun 2019 tentang Pembayaran BPIH Reguler Tahun 1440 H/2019 M, tertanggal 15 Maret 2019. Hingga hari kedua dibuka waktu pelunasan BPIH, Selasa (19/3), sudah ada beberapa calon haji asal Grobogan yang melakukan pelunasan BPIH di Kantor Kemenag Grobogan.

“Per pukul 12.00 WIB, sudah ada 64 calon haji yang mengurus pelunasan BPIH, Pelunasan BPIH tahap satu ini ditujukan bagi calon haji yang masuk dalam kuota keberangkatan pada 2019. Kuota calon jamaah haji untuk Kab.Grobogan tahun ini berjumlah 1077 orang,” tambahnya.

Calon jemaah haji yang telah mendapatkan bukti setoran lunas BPIH yang dicetak dari aplikasi Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), menerima buku manasik haji, seragam batik, untuk pria mendapatkan kain ihram dan wanita mendapatkan mukena, maka bukti setoran pelunasan BPIH itu lantas dilaporkan ke Kantor Kemenag Grobogan.

“Tak kalah pentingnya, calon jemaah haji juga harus terdaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan. Jadi, yang belum mendaftarkan diri, sebaiknya segera mendaftar menjadi anggota BPJS kesehatan. Pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji masih menunggu informasi dari Dinas Kesehatan (Diskes) Kab.Grobogan,” pungkasmnya. (bd/gt)