Pengawas PAI Lakukan Monitoring PAT di SMKN 6 Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang- Senin (12/12/22) Pengawas GPAI SMK Kota Semarang, H. Mohamad Faojin, melakukan monitoring terkait pelaksanaan kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) di SMK Negeri 6 Semarang.

Pada kunjungannya tersebut, H. Mohamad Faojin melakukan evaluasi terhadap hasil PAT yang telah dilaksanakan. “Dari hasil PAT, kita bisa memetakan nilai rata-rata, nilai tertinggi, nilai terentah dan mediannya, sehingga kita bisa mengetahui siswa mana yang memerlukan perhatian khusus,” tuturnya.

“Setiap GPAI melakukan evaluasi nilai siswanya, dan juga melakukan evaluasi nilai PAI dalam satu kelas sebagai sampel analisis,” imbaunya.

Ia juga mengimbau kepada GPAI tidak hanya melakukan pendampingan khusus kepada siswa yang nilai PAInya masih di bawah KKM, tetapi juga melakukan pendampingan khusus kepada siswa yang memiliki sikap dan karakter yang kurang baik, serta membantu siswa yang mengalami kesulitan ekonomi melalui beasiswa dari BAZNAS.

Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan apresiasi atas prestasi yang telah berhasil diraih oleh beberapa siswa SMKN 6 dalam lomba tartil tingkat kecamatan, dan berharap hal ini dapat memotivasi siswa lainnya. “SMKN 6 telah memiliki aset yang luar biasa, kemarin siswa SMKN 6 telah berhasil meraih juara 1 dan 2 dalam lomba tartil tingkat kecamatan. Manfaatkan potensi tersebut dengan mengadakan kegiatan di sekolah, sehingga antar siswa bisa saling berbagi ilmu,” ujarnya.

“Tak hanya siswa, tapi para guru juga mengembangkan potensi dalam bidang tilawah, tartil, dan lain sebagainya. Sehingga jika guru-gurunya memiliki potensi yang baik, tentu akan mampu melakukan pendampingan lebih maksimal kepada peserta didik,” imbuhnya.

Tak lupa H. Mohamad Faojin mengingatkan Isra’ Mi’raj yang akan datang agar dijadikan momentum untuk pengembangan dan perbaikan salat peserta didik. “Isra’ Mi’raj mendatang, coba adakan lomba salat. Bagi yang salatnya khusyuk dan tumakninah, berikan hadiah. Penilaian dilakukan dari mulai sekarang, lakukan pengamatan di lapangan. Insya Allah apresiasi tersebut akan mampu membangkitkan siswa untuk menyempurnakan salatnya,” pungkasnya.(Faojin/NBA/bd)