Penghulu Menjadi Garda Terdepan Membangun Harmoni dan Kerukunan Umat Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Urusan Agama Islam membuka Bimbingan Teknis Moderasi Beragama bagi Penghulu. Bertempat di Harris Hotel & Convention Solo, kegiatan diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut pada 16 s/d 18 Maret 2023.

Bimtek Moderasi Beragama kali ini ditujukan bagi Penyuluh yang berada di wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan dibuka oleh Kabag TU Kanwil Kemenag Jateng, Wahid Arbani yang hadir mewakili Kakanwil Kemenag Prov. Jateng.

Wahid Arbani menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan membekali Penghulu agar senantiasa memegang prinsip dan nilai-nilai Spirituality, Scientific, Enterpreneurship & Nationalism sebagaimana tagline Kanwil Kemenag Prov. Jateng, “Kemenag Jateng Majeng”.

“Penghulu sebagai ujung tombak Kementerian Agama menjadi garda terdepan dalam upaya membangun harmoni dan kerukunan umat beragama di wilayahnya masing-masing,” ucap Wahid Arbani.

Pada tahun politik ini harapannya para penghulu bersama-sama ketika ada potensi konflik yang muncul di masyarakat memiliki data-data riil dan konkrit tidak berdasarkan desas desus untuk melakukan langkah-langkah mitigasi dalam upaya penanggulangan konflik keagamaan dan kebangsaan.

“Pada saat ini kita masuk pada era disruption dimana ditandai dengan informasi tersebar dengan cepat, gunakan media sosial sebaik mungkin, jadikan media sebagai alat bantu dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Kabag Tata Usaha berharap segala hasil kebaikan yang didapat dan diperoleh dalam pelaksanaan tugas pelayanan masyarakat saat ini dapat memberikan sebuah challenge dan warisan terhadap anak cucu kita.(adc02/Sua)