Penjual Manyung Naik Haji, Kloter 17 SOC

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) “Dan Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS. At-Thalaq:2-3), ayat inilah yang menjadi semangat Tukiman pedagang Manyung asal semarang yang tergabung pada kloter 17 bertekad untuk bisa menjalankan haji. Tukiman menuturkan bahwa hidup sederhana dan apa adanya dengan penghasilan yang tidak menentu tidak menyurutkan niat  Tukiman untuk menjalankan ibadah haji bersama istri, ketika ditemui Humas PPIH di Asrama Haji Donohudan, Rabu, (15/06).

Pedagang mangut belut dan kepala manyung spesial pedas ini, punya trik untuk mewujudkan impiannya untuk naik haji.

“Kuatkan niat dan mohon rezeki yang cukup dengan bermunajat doa kepada Allah SWT. Ikhtiar lahir harus dijalani, mengais rezeki di bumi Allah, selanjutnya bertawakal kepada Allah. Pasrahkan semua urusan hanya kepada Allah, niscaya Allah akan memberi kecukupan dan jalan keluar bagi hambanya. Meski hidup pas-pasan karena sudah punya azam,” kata Tukiman.

“Talangan haji menjadi solusi bagi saya untuk menjalankan ibadah haji. Selama 3 tahun, saya harus hidup hemat untuk mengangsur talangan haji tersebut. Namun dengan niat, tekad, semangat tidak mudah putus asa maka Allah akan meridhoi. Alhamdulillah sudah lunas dan tahun ini mendapat nikmat memenuhi panggilan Allah ke tanah suci,” imbuh Tukiman. (Humas PPIH).