Penyelenggaraan Haji: Never Ending Story

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI — “Cerita penyelenggaraan haji itu never ending story (cerita yang tidak berkesudahan),” demikian salah satu simpulan H. Fitiryanto, Kepala Bidang Penyelenggaran Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah pada kegiatan evaluasi penyelenggaraan haji yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati  di Hotel Pati, (15/8/2023).

Lebih lanjut Fitriyanto menjelaskan, meskipun selalu ada saja kejadian baru yang tidak terduga  dalam setiap event penyelenggaraan haji di setiap tahun, akan tetapi ending story-nya jemaah tetap merasa bahagia dan senang. Bahkan andaikata diberi kesempatan untiuk bisa berangkat kembali, jemaah rebutan mengantre untuk mendaftarkan diri.

Selain Kepala Bidang PHU Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah,  Kegiatan evaluasi ini juga dihadiri oleh Hj. Sri Wulan, SE, MM (anggota Komisi VIII DPR RI), Kepala Dinas kesehatan kab. Pati , kabag Kesra Setda kab. Pati, mantan petugas kloter, pengurus KBIHU, IPHI dan jemaah estimasi berangkat 2024.

Kegiatan ini melibatkan jemaah estimasi berangkat 2024  karena materinya juga diisi dengan materi penyuluhan manasik haji sepanjang tahun.

Pelaksana Tugas Kepala Kantor kementerian Agama Kab. Pati, H. Ahmad Syaiku dalam arahannya berharap agar catatan dan evaluasi yang menjadi masukan dalam kegiatan ini bisa dijadikan bahan perbaikan untuk penyelenggaraan haji pada tahun yang akan datang.

Ahmad Syaiku juga menambahkan bahwa untuk jemaah estimasi 2024 dan seterusnya, selain bisa mengikuti kegiatan manasik pada tanggal tersebut, secara rutin jemah bisa mengikuti kegiatan manasik sepanjang tahun yang dielenggarakan atas kerja sama antara kemenag pati dengan PAS FM Pati dalam bentuk talkshow yang disiarkan setiap hari kamis minggu pertama dan minggu ketiga pada jam 09.00 pagi.

Sementara itu, Hj. Sri Wulan SE MM selaku anggota komisi VII DPR RI menjanjikan bahwa catatan dan evaluasi yang disampaikan oleh para peserta akan menjadia bahan untuk melakukan rapat bersama Direktorat Penyelenggaraan haji dan Umrah kemenag RI selaku mitra kerja komisi VIII.(at/Sua)