Permata Sarana Pembinaan Siswa MTsN 1 Brebes

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kegiatan Perkemahan Masa Ta’aruf (Permata) MTsN 1 Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023, pada Sabtu- Minggu, (30- 31/07/2022) bertempat di lingkungan MTsN1 Brebes dan bermalam di ruang-ruang kelas. Yang dikuti oleh seluruh siswa kelas tujuh  dan siswa kelas 8/ kakak Penggalang yang berperan memberikan arahan kepada peserta didik baru mengenai materi-materi yang akan diberikan pada kegiatan ini. Selain para peserta didik, kegiatan juga diikuti oleh guru dan pegawai MTsN1 Brebes selaku Penanggung Jawab, Pembina, Pemateri, dan lainya untuk membantu mensukseskan dan mengamankan jalanya kegiatan tersebut

Kegiatan Permata ini adalah kegiatan tahunan MTsN I Brebes mengawali tahun pelajaran baru, yang merupakan rangkaian atau lanjutan dari kegiatan Masa Ta’aruf Madrasah (Matsama)  dengan tujuan Permata dan Matsama adalah mengenalkan segala unsur MTsN1 Brebes pada peserta didik baru.

“Semoga dengan kegiatan Permata siswa dan siswi MTsN 1 Brebes menjadi pribadi yang tangguh dalam menghadapi hidup, tidak mudah putus asa dan mampu mengharumkan Emsabes dengan prestasi membanggakan, semangat untuk semuanya!” kata Kak Rumni’ah, selaku Ketua Pelaksana dan Pembina Upacara.

Sementara Kak Toto Riyanto selaku Pembina Pramuka MTSN 1 Brebes  mengungkapkan bahwa Kegiatan Perkemahan Masa Ta’aruf atau Permata merupakan kegiatan awal sebagai tanda penerimaan pramuka penggalang baru di Gudep MTsN 1 Brebes yang dilaksakan secara bermalam agar siswa/i baru MTsN 1 Brebes khususnya kelas 7 sebagai peserta perkemahan memahami tentang Organisasi Gerakan Pramuka di Madrasah yang baru.

“Kegiatan ini diisi dengan pengetahuan dasar kepramukaan, permainan, dan motivasi menggikuti kegiatan kepramukaan sekaligus pelantikan sebagai Penggalang Ramu di Gudep MTsN 1 Brebes,” ujar kak Toto.

Kegiatan Permata ini berjalan sukses dan lancar berkat dukungan dari berbagai pihak yang sudah berkerja dengan baik. Rangkaian kegiatan dimulai dari pembukaan dan pemasangan tanda peserta Permata, kemudian dilanjutkan dengan sholat berjama’ah, dilanjutkan dengan materi PBB dan materi permainan. Setelah selesai kegiatan sore, tidak lupa sholat maghrib berjama’ah dan sholat isya berjama’ah dan  Setelah itu dilaksanakan upacara penyalaan api unggun dan pentas seni.

Hari berikutnya dilaksanakan olah raga senam pagi dan upacara penutupan dengan ditandai dengan pengucapan Tri Satya dan pemasangan simbol Penggalang Ramu untuk peserta didik baru. Seluruh siswa memulai kegiatan Permata dengan bersemangat dan diakhiri dengan gembira. Semoga kegiatan ini memberikan dampak dan ilmu yang positif bagi peserta didik baru MTs Negeri 1 Brebes.(SP/hid/Sua)