Persiapkan Jemaah Haji Mandiri, PHU Gelar Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

 

 

Purbalingga – Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun, Senin, (28/08/2023). Bertempat di Aula Uswatun Hasanah, penyuluhan ini diikuti oleh 101 calon jemaah haji estimasi tahun 2024 dan 2025.

Kasi PHU, Ani Mufarokhah selaku Ketua Panitia menjelaskan, tujuan bimbingan manasik ini adalah agar para calon jemaah haji dapat mengikuti manasik sepanjang tahun.

“Dikatakan sepanjang tahun, calon jemaah haji dapat melakukan bimbingan manasik haji secara mandiri kapan saja dan dimana saja. Bisa melalui KBIH, Kyai, Ustadz/ Ustadzah dan Tokoh Agama Islam yang sudah mempunyai Sertifikat Pembimbing Ibadah Haji,” jelasnya.

Ani mengungkapkan, belum ada rilis resmi terkait jumlah dan nama-nama calon jemaah haji yang akan berangkat ibadah haji tahun 1445/2024. Informasi sementara, rilis resmi jumlah calon jemaah haji 2024 akan diluncurkan bulan September mendatang.

Ia berharap kepada peserta penyuluhan manasik haji yang merupakan calon jemaah haji 2024/2025 agar sejak dini mulai mengikuti manasik serta menata hati (lembah manah, sabar, kuat mental). “Karena kebijakan penyelenggaraan haji tahun 2024 masih sama seperti tahun ini, yakni tidak ada pendamping bagi lansia namun jemaah lansia menjadi prioritas utama,” tandas Ani Mufarokhah.(sl/Sua)