Peserta Didik MA Salafiyah Kajen Pati Raih Medali Tingkat Internasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – MA Salafiyah Kajen Pati kembali menunjukkan prestasi membanggakan. Siswa Madrasah Aliyah (MA) atas nama Ulil Albab berhasil meraih medali perunggu dalam ajang Olimpiade Biologi Tingkat Internasional yaitu International Applied Biology Olympiad (IABO) yang finalnya diselenggarakan di Bali pada tanggal 30 Juni hingga 3 Juli 2022.

IABO diselenggarakan oleh Indonesian Scienctific Society (ISS) bekerjasama dengan PPPPTK IPA Kemdikbud pada tahun 2022 ini diikuti oleh 204 peserta dari 16 negara. Dari sejumlah peserta ini kemudian diseleksi secara online pada tanggal 25 Mei 2022, dengan membuat esai berbahasa Inggris. Hasil seleksi menempatkan 120 peserta dari 10 negara untuk melaju ke babak final, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, Filipina, Peru, Kazakhstan, Mexico, Bangladesh.

MA Salafiyah Kajen Pati mengikutsertakan satu siswanya dalam ajang lomba ini. Ulil Albab siswa kelas XI ini mampu masuk final di Bali dan berhasil meraih medali perunggu.

Ulil Albab saat dikonfirmasi pada hari Senin (4/7) menjelaskan, final tes dilakukan dengan pemberian studi kasus Medical Biologi dan tema studi kasus ini baru dikasihkan saat hari itu juga. Peserta diberi 3 kasus berbeda dan memilih masing-masing 1 kasus yang akan dipecahkan, setiap dari kasus yang dipecahkan akan dipresentasikan dan ada sesi tanya jawab dihadapan juri yang berjumlah 6 orang dengan berbahasa inggris. Kemudian dinilai dan diambil juara untuk gold, silver dan bronze medal.

“Saya merasa senang dan bersyukur bisa berpartisipasi dalam lomba Internasional secara offline. Hal ini juga tidak terlepas dari karunia Allah SWT serta banyaknya dukungan, doa, dan harapan yang telah diberikan oleh keluarga, teman, khususnya dari Madrasah. Dari lomba tersebut juga saya jadi memiliki pengalaman dan banyak mendapatkan teman baru,” ungkapnya

Sementara Kepala MA Salafiyah, Masrukhan, mengaku bangga atas prestasi yang diraih oleh salah satu peserta didiknya di ajang perlombaan tingkat Internasional dan akan senantiasa mendukungnya.

“Dalam momentum ajang lomba olimpiade Biologi bertaraf internasional ini kami sengaja memberikan dukungan yang maksimal sebagai komitmen pengawalan terhadap program percepatan capaian target akademik di level nasional maupun internasional, seiring dengan komitmen kita menuju madrasah unggulan akademik yang berkualitas. Kedepannya madrasah akan terus memacu kegiatan serupa pada mata pelajaran lain pada kontestasi olimpiade nasional maupun internasional,” paparnya.(as/at/Sua)