Petugas Kloter 09 SOC Sosialisasikan Keberangkatan Menuju Mekkah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Madinah– Dua hari kedepan, tepatnya hari Sabtu 18 Juni 2022, Kloter 09 SOC yang membawa jemaah haji asal Rembang dan Kudus akan diberangkatkan menuju kota suci Mekkah. Untuk mempersiapkan proses pemberangkatan jemaah haji dari Madinah menuju Mekkah, petugas kloter 09 SOC mengumpulkan para ketua rombongan dan ketua regu untuk diberikan pengarahan tentang teknis pemberangkatan.

Rapat para ketua regu dan ketua rombongan yang dipimpin oleh ketua kloter didampingi pembimbing ibadah dan dokter kloter. Rapat dilaksanakan di ruang makan lantai M, Hotel Arjuna Assalam pada Kamis, 16 Juni 2022.

Dalam rapat tersebut Ahmad Fahimi sebagai ketua kloter 09 menjelaskan, pada hari Sabtu pukul 05.00 WAS semua jamaah haji harus sudah naik di dalam bus. “Sebenarnya waktu check out tepat setelah salat isya pada hari Jumat tanggal 17 Juni 2022. Namun karena tidak ada bus yang boleh berangkat di malam hari, pihak hotel memberi toleransi untuk check out tepat jam 06.00 WAS. Jadi tepat jam 06.00 bus sudah harus berjalan menuju Mekkah, ” kata Rahimi dalam keterangan tertulisnya.

“Apabila ada keterlambatan maka akan dikenakan charge sekitar 25.000 riyal atau sebesar 100 juta rupiah, ” sambungnya.

.Untuk menghindari adanya keterlambatan maka dalam rapat tersebut Fahimi menghimbau agar hari Jumat para jemaah harus sudah mempacking barang-barangnya di koper besar. Malam Sabtu sekitar pukul 11.00 atau 12 malam barang-barang di koper besar harus diturunkan ke lobi hotel dikumpulkan berdasarkan rombongan masing-masing.

“Untuk menghindari keterlambatan jemaah diimbau salat subuh di kamar hotel masing-masing,” kata Fahimi.

Setelah naik bus pada pukul 05.00 maka pihak Muasasasah Adilla akan mencocokkan satu persatu penumpang dengan paspor yang telah dibawa sopir bus.

Pembimbing ibadah haji kloter 09, Ahmad Ismail menekankan kepada masing-masing ketua regu untuk mengingatkan jemaahnya sudah dalam pakaian ihram ketika naik bus. “Jangan sampai ada jamaah khususnya yang laki-laki yang masih memakai pakaian dalam, ” tegasnya.

Jamaah juga sudah harus mempersiapkan diri melaksanakan amalan-amalan sunnah sebelum berniat ihram, seperti memotong kuku, mandi, berkeramas dan memakai wangi-wangian. Selanjutnya ketika bus sudah berjalan dan berhenti di Bir Ali, jamaah akan mengambil miqot dan berniat ihram. “Kita hanya berharap semoga proses pemberangkatan ke Mekah jamaah haji kloter 9 berjalan lancar dan tidak ada masalah yang berarti,” pungkasnya. — Fahimi/iq/rf

Madinah, 16/5/2022