Program Bina Lingkungan Wujud Kepedulian ASN

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Roziqun pada hari Senin (3/7) memberikan pembinaan kepada para muzakki di MI Miftahul Ulum Bulakan. Peserta kegiatan adalah guru MI pada KKMI 3, 4, dan 5 serta guru RA. Kegiatan turut dihadiri oleh Ketua UPZ Kankemenag, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Pengawas Madrasah serta Ketua Yayasan Miftahul Ulum Bulakan.

Kegiatan ini sekaligus pemberian uang bina lingkungan dari UPZ Kankemenag kepada 149 orang PNS yang terdiri dari 147 orang guru MI dan 2 orang guru RA. Setiap PNS diberikan uang bina lingkungan sebesar Rp1 juta.

Roziqun menjelaskan kegiatan bina lingkungan menjadi salah satu program dari UPZ Kankemenag. Uang bina lingkungan merupakan uang zakat ASN di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pemalang yang telah disetorkan ke BAZNAS Kabupaten Pemalang. BAZNAS selanjutnya memberikan mandat kepada UPZ Kankemenag untuk membantu penyaluran zakat profesi. Salah satu penyaluran zakat tersebut melalui program bina lingkungan yang diberikan oleh ASN Kankemenag untuk mustahik di lingkungannya.

“Kegiatan bina lingkungan menjadi salah satu program UPZ Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang. Setiap ASN diamanati uang sebesar Rp1 juta rupiah untuk diberikan kepada mustahik, baik dalam bentuk uang maupun barang,” kata Roziqun.

Roziqun turut menjelaskan program UPZ lainnya. “UPZ juga telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Juru Sembelih Halal (Juleha) yang diikuti oleh Penyuluh Agama Islam dan anggota Ormas Islam. UPZ juga akan melaksanakan kegiatan Pelatihan Cukur bagi santri dan anggota Ormas Islam serta Basic Makeup Workshop bagi guru RA dan anggota DWP Kankemenag. Kegiatan tersebut untuk mendorong kompetensi umat Islam di Kabupaten Pemalang dengan harapan bisa membuka lapangan usaha,” jelasnya.

Senada dengan Roziqun, Ketua UPZ Kankemenag selaku Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Umayah berpesan kepada penerima uang bina lingkungan bisa diberikan kepada yang berhak. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian ASN kepada mustahik di lingkungannya. Total bantuan yang diberikan UPZ Kankemenag pada kegiatan ini sebesar Rp149 juta.

Sementara itu Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Khabibur Rokhman turut menyampaikan pesan kepada peserta kegiatan untuk segera menyelesaikan administrasi tahun pelajaran 2022/2023. Ia mengingatkan untuk senantiasa menjaga keluarga masing-masing. (ifr/f/rf)