Rapat Evaluasi Hasilkan Komitmen Peningkatan Layanan Haji 1445 H

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kolaborasi Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kankemenag Brebes dengan Bagian Kesra Setda Brebes melaksanakan Rapat Evaluasi Penyelanggaran Haji Tahun 1444H/2023 M.  Bertempat di Aula PHU Lt. 2 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes  pada Kamis, (10/08/2023)

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, H. Mad Soleh dalam sambutanya, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas terlaksananya penyelenggaraan haji 1444H.

Menurut Beliau pentingnya dilakukan Evaluasi  Penyelenggaraan Haji Tahun 2023, untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada tahun yang akan datang.

H.Mad Soleh, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan haji tahun 1444 H di Kabupaten Brebes yang telah berjalan dengan baik.

Sementara itu Sekretaris Daerah Brebes H. Joko Gunawan menyampaikan, terima kasih atas sinergi dan kerjasamanya semua elemen yang berkaitan dalam mensukseskan penyelenggaraan kegiatan haji 2023.

“Mengingat ibadah haji banyak memerlukan tenaga dan fikiran, diharapkan, untuk keberangkatan haji tahun 2024/1445H, memenuhi kreteria  istitoah calon jamaah haji harus dipertimbangan benar-benar, baik itu istitoah  ekonomi, kesehatan maupun mental dan psikisnya, apalagi penyelenggaraan haji tahun depan yang masih memprioritaskan haji ramah lansia, hal ini benar-benar dipersiapkan lebih awal dan matang,” ungkap laki-laki yang baru pulang menjadi petugas TPHD Kabupaten Brebes yang masuk dalam Kloter 33 embarkasi Solo.

“Saya mengusulkan agar program manasik sepanjang tahun diintensifkan dan kementerian Agama Kabupaten Brebes dapat  melaksanakan pembinaan dan pengawasan kepada KBIHU selaku penyelenggara manasik haji sepanjang tahun, serta bersama-sama mengevaluasi penganggaran dari Pemda dan Kemenag bagi peningkatan mutu layanan haji tahun 2023,” imbuhnya.

“Mari sekuyung bareng,  bersinergi serta menyamakan persepsi dan bersepakat dalam memberikan pelayanan kedepan, supaya pelayanan  haji semakin baik dan semakin terbuka, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan. derajat kesahlehan masyarakat serta  Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Brebes,” pungkasnya.

Sedangkan Kasi PHU H. Akrom mengingat perlunya mengurai persoalan- persoalan yang dihadapi pada pelaksanaan penyelenggaraan haji tahun 2023 dan mencarikan solusi terbaik bagi penyelanggaran haji di tahun mendatang, baik semasa masih di dalam negeri dari Brebes ke embarkasi Solo dan saat pelaksanakan ibadah di Arab Saudi dan kepulangan ke tanah air.

Ia berharap agar setiap catatan penting yang dihasilkan dalam forum ini, akan dijadikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan ibadah haji, khususnya di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Brebes, Kabbag Kesra, Petugas Kloter dari Kabupaten Brebes, Perwakilan ormas Islam  (NU, Muhammadiyah, Persis) perwakilan MUI, Baznas, pengurus KBIHU sekabupaten Brebes dan 17 Kepala KUA se-kabupaten Brebes.(hid/Sua).