Revitalisasi Peran Masjid Kian Nyata Melalui “Masjid Pelopor Moderasi Beragama”

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Humas) – Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI Phill Kamarudin meluncurkan Masjid Pelopor Moderasi Beragama (MPMB), Minggu (13/11).

Kegiatan Kick off Program MPMB berlangsung di Swissbell Hotel Surakarta, Jawa Tengah.“Saya tambahkan singkatannya manjadi MPMB; Masjid Profesional, Moderat dan Berdaya. Kegiatan malam ini juga menjadi penyerta acara Peresmian Masjid Raya Syeikh Zayed Solo, esok hari, yang akan dilakukan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab, Syeikh Mohamed bin Zayed al Nahyan,” tutur Phill Kamarudin.

“Benang merah dari kedua acara ini adalah upaya penguatan peran rumah ibadat masjid untuk mengokohkan wasathiyyatul Islam atau moderasi beragama,” imbuhnya.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad hadir dalam kick off yang dalam kesempatan ini juga turut berbahagia, Jawa Tengah memiliki Masjid Raya Syeikh Zayed Solo. Seraya berharap supaya melalui program MPMB dapat semakin menggairahkan kegiatan keagamaan dan mengokohkan upaya penguatan Islam wasathiyah, Islam ramah.

“Syukur alhamdulilah, masjid semegah dan seindah Masjid Raya Syeikh Zayed Solo ini menjadi penanda persahabatan dan kerjasama antar bangsa Indonesia dengan Uni Emirat Arab dalam penguatan peradaban Islam yang ramah untuk semua,” tutur Kakanwil Musta’in Ahmad.

“Kita semua berharap melalui Program MPMB, kita berharap revitalisasi peran masjid kian nyata, profesional pengelolaannya, moderat serta kian berdaya maupun memberdayakan umatnya,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan kick off Stafsus dan Staf Ahli Menteri Agama RI serta jajaran eselon 1 di Kementerian Agama dan Kakanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia. Turut hadir pula Imam Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar serta para dewan pengurus Masjid Raya Syeikh Zayed Solo. (P/rf)