Sebanyak 8 siswa Siaga MIN Pekalongan Ikuti giat Penilaian dan Pelantikan Pramuka Garuda Tingkat Kwartir Ranting

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,– Rabu, (08/02). Sebanyak 8 siswa Siaga Gudep 11.26.13.131/132 MIN Pekalongan yang dipimpin Ka Mabigus Siti Samsiyah, beserta Siaga, Penggalang dan Penegak Gudep/Pangkalan Sekolah/Madrasah di Kecamatan Kedungwuni Kab. Pekalongan mengikuti giat Penilaian dan Pelantikan Pramuka Garuda Tingkat Kwartir Ranting Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan.

Kegiatan ini berpusat di SD Negeri 02 Podo, delapan siaga MIN Pekalongan yaitu Arka Rega Virgie Pradipta, Shahifah Nihayatul ilah, Nailatul Ulya, Muhammad Adrik Nuron, Muhammad Haikal Ali, Alfian Naura Kaffah, Khanza Aqila Sasi Kirana, Slamet Hakim Harsono  berhasil menempuh penilaian kecakapan kepramukaan antara lain :  Tes Tertulis  pada tes ini peserta mengerjakan 10 soal tes secara tertulis guna menguji kemampuan peserta tentang materi kepramukaan serta pengetahuan umum, tes yang kedua yaitu kemampuan mengoperasikan computer pada tes ini peserta di uji dengan kemampuan mengoperasikan computer

Penilaian selanjutnya yaitu hasta karya, pada penilaian ini peserta diwawancara berkaitan dengan hasta karya yang telah dibuat, nama karya, bahannya, cara mendapatkan bahan, proses pembuatan dan lain- lain, penilaian yang terakhir yaitu  SKK dan TKK pada tes ini peserta di wawancara dalam hal minat dan bakat yang tergambar pada SKK serta TKK yang diperoleh. Kegiatan yang berlangsung ini pada hari Rabu, 8 Februari 2023 mulai pukul 07.00 s.d selesai ditutup dengan Apel Pelantikan dan penyematan tanda Garuda.

Khanza Aqila Sasi Kirana Kelas 4A pengalaman mengikuti seleksi Pramuka Garuda menyampaikan, menyenangkan, siap hadapin banyak tantangan dari penguji, serta siap menjawab setiap pertanyaan.

Sementara penggalang Arka Rega Virgie Pradipta yang masih duduk di kelas 4C menyampaikan, “Yang paling berkesan adalah di Hasta Karya karena dapat melihat hasta karya peserta lain yang unik dan bagus. Namun demikian tetap saja optimis dengan hasta karya buatan sendiri yang tidak kalah unik. Dengan hasta karya Hiasan dinding dari sendok,Tempat pensil dari stik,Celengan dari botol bekas. Kagiatan ini bermanfaat untuk menambah kretifitas dan pengetahuan umum. Dapat lebih mengenal teman dari berbagai sekolah/madrasah pangkalan lain. Menjadikan contoh yang baik bagi anggota siaga lainnya.

Terkait dengan giat seleksi Pramuka Garuda ini, Efi Panca Benawati, S.Pd.I selaku Pembina Gudep MIN Pekalongan menyampaikan motivasinya pada siaga yang telah aktif mengikuti seleksi dan pelantikan, “Teruslah semangat, rajin belajar untuk mengejar cita- cita kalian. Muhdlorin, S.Pd  menambahkan,”Giat seleksi Pramuka Garuda besar manfaatnya untuk tempaan sikap mental, pengembangan pengetahuan dan keterampilan yang tentunya dibutuhkan untuk pengembangan diri ke depannya.” (Nova.KH/MTb/bd)