Selamat, Kontingen Provinsi Jawa Tengah Raih Juara Dua Pospenas IX Tahun 2022 Di Surakarta

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB. PEKALONGAN,-  Atas nama Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan Drs. H. Sukarno, MM mengucapkan Selamat da Sukses kepada Kontingen Provinsi Jawa Tengah yang telah meraih Juara 2 pada gelaran Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) IX Tahun 2022 tanggal 23-27 November 2022.

“Saya uacapkan selamat kepada Kontingen Provinsi Jawa Tengah yang telah berjuang dalam gelaran Pospenas IX di Surakarta dan berhasil meraih Juara 2, terus semangat, terus belajar semoga pada Pospenas yang akan datang Kontingen Provinsi Jawa Tengah dapat meraih Juara Umum, “ucapnya.

Sebagaimana diketahui Kontingen Provinsi Jawa Barat berhasil meraih Juara Umum dengan mengoleksi 11 medali emas, 5 perak, dan 1 perunggu, sedangkan Provinsi Jawa Tengah sebagai tuan rumah harus puas sebagai runner up dengan Raihan 8 medali emas, 4 perak, dan 5 perunggu. Sementara Posisi ketiga hingga kelima diduduki Jawa Timur (4 emas, 8 perak, 5 perunggu), DKI Jakarta (4 emas, 4 perak, dan 1 perunggu) serta Sulawesi Selatan (2 emas dan 4 perunggu).

Pospenas adalah event tahunan yang digelar oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama. Penyelenggaraannya melalui kerjasama kolaboratif antar Kementerian sesuai dengan nota kesepahaman antara Menteri Agama, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Pariwisata. Seiring semakin banyaknya pesantren dan santri yang merambah segala bidang, dari tahun ke tahun gelaran Pospenas semakin meriah. Saat ini terdapat 4,5 juta pondok pesantren yang menaungi 37,6 juta santri.

Wakil Menteri Agama RI KH Zainut Tauhid Sa’adi resmi menutup gelaran Pekan Olah Raga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) IX Surakarta pada Sabtu Malam (26/11) di Benteng Vasternburg Surakarta. Zainut Tauhid Sa’adi menyatakan dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para santri yang berlaga di bidang olah raga dan seni. “Selamat dan sukses untuk semua atlit yang berkontribusi di seluruh mata lomba. Dari ajang seperti inilah akan lahir atlit-atlit nasional dari santri-santri yang mencintai olah raga dan seni,” katanya

Turut hadir dalam acara penutupan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI, Waryono Abdul Ghafur, Anggota Komisi III DPR Eva Yuliana, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah  H. Musta’in Ahmad, S, MH, Kepala Bidang PD Pontren Provinsi se-Indonesia, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota Se Jawa Tengah dan seluruh Kontingen. (MTb/bd)