Selesai Seluruh Rangkaian Ibadah Haji, Kemenag Kab.Semarang Siap Sambut Kepulangan Jemaah Kembali Ke Tanah Air

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Ungaran – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang melalui seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah siap sambut kembali kedatangan Jemaah haji baik yang tergabung dalam kloter 15, 16, 17, 18, 94, 99 SOC. Kasi PHU, Titik Halimah ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/7) menyampaikan bahwa Rabu besok, pihaknya akan mengundang pihak-pihak terkait untuk membahas teknis pemulangan jemaah yang sesuai jadwal, kloter 15 sudah kembali ke tanah air pada 9 Juli mendatang.

“Besok pagi kita akan duduk bersama dengan Kesra, Polsek, Satpol PP, Dinkes, juga kepala KUA se-Kabupaten Semarang untuk rembug bersama terkait pemulangan jemaah,” katanya.

Titik menyampaikan bahwa pelaksanaan haji tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Disamping beberapa aturan dari Arab Saudi yang mewajibkan jemaah harus sudah melaksanakan perekaman sidik jari lewat aplikasi Saudi Visa Bio, penambahan kuota yang cukup mendadak juga menjadi tugas berat Kemenag dalam mengawal seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Belum lagi karena 70 persen jemaah adalah usia lanjut, jadi butuh pendampingan ekstra mulai dari manasik, pemberangkatan hingga nanti pemulangan.

“Kita tetap wajib bersyukur meski banyak kendala di sana-sini. Setidaknya dengan pengembalian kuota jemaah ke kuota asal apalagi ada penambahan tiap tahunnya akan membawa angin segar untuk antrian haji yang memang sudah sangat panjang,” imbuhnya.

Titik juga menginformasikan bahwa hingga saat ini, setidaknya sudah ada dua jemaah yang meninggal di Arab Saudi yakni H.Sukarno Ambarawa dan H. Baderi Pabelan.

“Semoga almarhum husnul khotimah, diberikan tempat yang mulia di sisiNYA, aamiin,” pungkasnya (shl/bd)