Siap Terapkan Kurikulum Merdeka, KKMI Gelar Bimtek IKM

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Untuk menyamakan persepsi dalam penguatan Kurikulum Merdeka, Kelompok Kepala Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kec. Gringsing bersama KKMI Kec. Bawang menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan Peserta berjumlah 99 orang terdiri dari Kepala Madrasah, guru kelas 1, guru kelas 4, dan operator madrasah  KKMI Kec. Gringsing dan Bawang di aula RM Tirta Asri Sempu Kec. Limpung pada Senin (24/07) dengan narasumber Widyaiswara dari BDK Semarang.

Kegiatan Bimtek IKM dilaksanakan sebagai upaya menyiapkan madrasah di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Batang khususunya KKMI Kec. Gringsing dan Kec. Bawang  yang pada tahun pelajaran 2023/2024 ini semua madrasah telah melaksanakan IKM.

Ahmad Khaerul Afidin, ketua KKMI dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan tujuan diselenggarakannya kegiatan serta harapan tindaklanjut pasca kegiatan Bimtek.

“Terimakasih kepada semua yang hadir dan panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, Bimtek IKM ini  dilaksanakan sebagai upaya menyiapkan madrasah di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Batang khususnya KKMI Kec. Gringsing dan Kec. Bawang  yang pada tahun pelajaran 2023/2024 ini semua madrasah telah melaksanakan IKM,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Sobirin Pengawas RA/MI Wilayah Kec. Gringsing dan Bawang. Dalam sambutannya dia memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KKMI Kec. Gringsing dan Bawang serta peserta yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan itu. Dia berpesan kepada peserta Bimtek untuk bisa meng-eksplore materi yang disampaikan oleh narasumber, sehingga memiliki pemahaman yang sama tentang konsep Kurikulum Merdeka (Kumer) sebagai bekal di madrasah masing-masing.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KKMI yang telah berupaya menyelenggarakan kegiatan ini sehingga bisa terlaksana dengan baik. Terimakasih juga pada para peserta yang antusias mengikuti kegiatan ini dan saya berharap untuk memantapkan pemahaman, sepulang dari Bimtek IKM harus ditindaklanjuti melalui  kegiatan KKG” pungkasnya.

Narasumber Rr. Sukarni, Widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan Semarang, menguraikan beberapa pokok materi, yaitu tentang seluk beluk Kurikulum Merdeka, penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM), Penyusunan Modul Ajar, serta P5P2RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin).

Sebagai bentuk tindaklanjut kegiatan Bimtek tersebut setiap madrasah merancang Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) tahun pelajaran 2023/2024 serta setiap guru membuat modul ajar sesuai kelas yang diampu di tahun pelajaran 2023/2024. (sobirin,Dy_humas/rf)