Sosialisasi Penulisan Ijazah Upaya Meminimalisir Kesalahan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Grobogan – Seksi pendidikan madrasah Kemenag Kab. Grobogan berikan sosialisasi petunjuk teknis penulisan ijazah kepada 34 Madrasah Aliyah baik Negeri maupun swasta, Senin, (08/5/2023) bertempat diaula kantor Kemenag Kab. Grobogan.

Kasi Penmad, Agpit Mujiyantari saat memberikan penjelasan terkait penulisan ijasah, ia katakan ada hal-hal penting yang harus diperhatikan didalam penulisan ijazah agar tidak mengalami kesalahan, seperti ijazah untuk MI, MTs, dan MA hanya diterbitkan oleh satuan pendidikan yang terakreditasi.

“Pada ijazah, hasil ujian atau daftar nilai ujian dicetak bolak-balik, ijazah dihalaman depan dan hasil nilai ujian dihalaman belakang. Ijazah tersebut harus diisi oleh panitia yang ditetapkan oleh kepala madrasah. Ijazah harus ditulis tangan dengan baik, benar, jelas, rapi, mudah dibaca, dan bersih dengan menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus,” ucap Agpit Mujiyantari.

Kasi Penmad mengharapkan kepada kepala madrasah agar mempelajari juknis tersebut dengan baik, bila perlu dibaca berulang-ulang untuk menghindari kemungkinan penulisan yang salah, karena menurutnya sediaan blanko tidak sebanyak seperti tahun lalu.

“Kepada peserta untuk mengikuti sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya. Informasi yang didapatkan bahwa penyedian blanko tersebut sangat terbatas, seandainya ada kelebihan jumlahnya pun tidak banyak,” bebernya.

Kasi Penma katakan, meskipun penulisan ijazah menjadi rutinitas setiap tahun, tetapi ada perubahan-perubahan didalam penomoran ijazah. Beliau juga meminta penulisan ijazah langsung dimasukkan didalam buku induk siswa. “Hal itu untuk memudahkan mencari bila sudah sekian lama diperlukan kembali untuk mengecek kebenaran ijazah bagi pemiliknya,” ucapnya mengakhiri.(bd/Sua)