Sosialisasi “Sulingjar” (Survey Lingkungan Belajar) IGRA Kab. Wonosobo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Kasi Pendidikan Madrasah (Penma) Kankemenag Kab. Wonosobo, H. Mahbub, memberikan sambutan pada pembukaan sosialisai Sulingjar (survey lingkungan belajar) dilingkungan Raudhatul Athfal (RA) Kab. Wonosobo.

Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) adalah salah satu bentuk evaluasi internal satuan pendidikan yang mengukur kualitas pembelajaran dan iklim satuan yang menunjang pembelajaran pada satuan PAUD Dalam hal ini Lembaga yang berada dibawah naungan Kementrian agama yaitu RA/BA/TA.

Sulingjar satuan pendidikan adalah survei yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas layanan satuan pendidikan sebagai bagian dari evaluasi sistem pendidikan.

Hasil Sulingjar RA/BA/TA akan diolah oleh Kemendikbudristek agar satuan PAUD mendapatkan data yang terorganisir dalam bentuk Profil Pendidikan sehingga memudahkan satuan PAUD dalam melakukan perencanaan dalam bentuk Perencanaan Berbasis Data.

Peserta sosialisasi ini berasal dari seluruh guru RA se kab wonosobo, ketua IGRA Kab. wonosobo menyebutkan bahwa kegiatan sosialasi ini   terbagi dalam 3 sesi yaitu hari Senin, 11 September 2023 diikuti oleh anggota IGRA kec. Kepil sapuran dan kalikajar,  bertempat di rumah makan Harmoni, hari selasa 12 September 2023 kecamtan  Sukoharjo, Selomerto, Leksono, Wadaslintang, dan Kliwiro bertempat di balai Desa Ngalian Wadaslintangdan dan sesi ke 3  kamis. 14 Sep 2023 Mojotengah, Garung, Kejajar, Wonosobo, Watumalang, Kertek bertempat di KBIH Arrohmah.

Narasumber yang barasal dari tim hd Penma Kankemenag Kab. Wonosobo, Saefurrahman, menyebutkan bahwa sulingjar yang merupakan bentuk evaluasi internal dalam satuan pendidikan diharapkan dapat meningkatkan diantaranya kualitas pendidik, kualitas pembelajaran, iklim pembelajaran, dukungan orang tua dan iklim  iklim kebinekaan.

Dalam penyampaian materinya, Saifurrohman, berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan seksama untuk kemanfaatn pendidik dan kemajuan satuan Pendidikan.(Tim Humas/Sua)