Sukses di Ajang JSO, MTsN 1 Pati Road to Singapore

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Salah satu siswa MTsN 1 Pati, Talitha Anindiya Norine berhasil meraih medali perak dalam grand final Jenius Science Olympiad (JSO) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Yayasan Intan Mutia Institut. Grand final JSO digelar secara offline di Ballroom Ki Hajar Dewantara, Universitas Negeri Yogyakarta, Minggu, (25/6).

Sebelumnya, babak penyisihan JSO Rayon Pati dilaksanakan di MTsN 1 Pati dan dinyatakan sukses oleh Direktur Intan Mutia dengan 362 peserta. Sehubungan dengan hal tersebut, saat Awarding Day Grand Final, Rayon Pati ditetapkan sebagai rayon dengan peserta terbanyak yang akan road to Singapore pada Oktober 2023 mendatang.

Menanggapi prestasi Talitha, Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak menegaskan bahwa tidak ada perjuangan yang sia-sia. Hal ini lantaran Syafak mengikuti setiap proses pembimbingan anak didiknya hingga menelurkan berbagai berprestasi. Atas medali yang diraih Talitha, Syafak menyatakan bangga dan bersyukur.

“Kami sangat bangga dan bersyukur. Tidak ada perjuangan yang sia-sia. Setelah berjuang keras di jenjang sebelumnya, akhirnya ananda bisa lolos ke final dan menyisihkan beberapa teman seperjuangannya. Ini berkat usaha keras ananda yang dibersamai oleh rahmat Allah,” ujarnya.

Harapan Syafak, semangat Talitha dalam belajar dan berprestasi dapat diikuti oleh siswa lain, sehingga MTsN 1 Pati tetap menjadi madrasah yang mandiri, berprestasi, unggul mendunia, dan kerren.

“Selamat buat anakku, pembimbing, dan orang tuanya. Jariyah kalian takkan hilang. Selamat juga kepada tim Rayon Pati atas prestasinya sebagai rayon dengan peserta terbanyak sehingga memperoleh kesempatan emas ke Singapura,” tutupnya.

Sebagai salah satu siswa berprestasi, Talitha tak pernah absen mempersembahkan medali dalam mengikuti lomba, baik offline maupun online.

“Alhamdulillah, di grand final ini saya bisa memperoleh medali perak. Tidak menyangka karena di sini saya bersaing dengan 45 teman-teman hebat lainnya se-Indonesia,” ucap Talitha sesaat setelah pengumuman dirilis.

Atas raihan prestasinya, Talitha tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu.

“Terima kasih atas kesempatan dan dukungan penuh dari madrasah kepada saya dan teman-teman dalam mengikuti lomba ini. Terima kasih juga untuk guru pembimbing dan pendamping, juga bapak ibu guru pegawai yang selalu menghadiahkan doa terindah untuk kami yang berjuang di setiap kompetisi,” paparnya. Selain Talitha, terdapat delapan peserta Rayon Pati yang sukses di ajang bergengsi tersebut antara lain, Hanindiya  Laily Azzahra (MI Tarbiyatul Islamiyah), Ranendra Hanantiari S.J (SDN Pati Lor 01), Zahrotussita (MTs Abadiyah Pati), Rafika Nahda Saliha (SDN Pati Kidul 01), Irfan Pradipa C.S (SD Al Azhar 48 Pati), Ayatul Husna Fariza (SDIT Abu Bakar Ashsiddiq), Marfin Adi Nugraha (SDN Gabus 01), dan Naura Ardina Rahayu (MI Tarbiyatul Mubtadi). Dua diantaranya, yaitu Hanindiya dan Naura sudah resmi menjadi siswa kelas 7 MTsN 1 Pati tahun pelajaran 2023/2024.(TiM/at/Sua)