Syifa, Siswa MTsN 1 Pati Langganan Juara MTQ

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Potensi siswa MTsN 1 Pati, baik di bidang akademik maupun nonakademik kini telah berkembang secara optimal. Salah satunya adalah Durrotun Asyifa Baizurman. Selain pandai di bidang akademik, Syifa tercatat menjadi langganan juara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat lokal hingga tingkat nasional.

Terbaru, dirinya berhasil meraih medali emas kategori SMP/SMA sederajat dalam Liga MTQ Nusantara tingkat nasional yang diselenggarakan oleh UKM Rohani Islam FMIPA Unsoed, Purwokerto bekerja sama dengan Lembaga Bina Prestasi Nusantara pada 18 Juni lalu. Hasil pengumuman dirilis oleh pihak penyelenggara pada Selasa, (27/6). Dalam ajang ini, Syifa berhasil melantunkan surat An Najm ayat 1-20 dengan merdu hingga ia mampu bersanding di deretan para peraih emas dengan siswa tingkat SMA/MA dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.

“Saya sangat bersyukur bisa kembali memberikan hasil terbaik untuk madrasah,” ucap Durrotun Asyifa Baizurman.

Potensi dan kemampuan Syifa di bidang MTQ memang sudah tidak diragukan lagi. Ketekunan dan keuletannya dalam berlatih mampu menelurkan prestasi membanggakan.

Selama menempuh pendidikan di MTsN 1 Pati, prestasi Syifa di bidang MTQ,  antara lain Juara 1 MTQ XXIX Tingkat Jawa Tengah, Juara 2 MTQ Nasional MAPK Fair, Juara 1 MTQ Cabang Tahfidz dan Tilawah 1 Juz Tingkat Jawa Tengah, Juara 3 MTQ Tsurayya Nasional 2023 Tingkat SMP, Juara 1 MTQ Nasional Al Hikmah 2023, dan Juara 2 MTQ Porseni MTs se-Jawa Tengah.

Selain berlatih secara mandiri, dirinya juga dilatih oleh ustadzah yang ahli di bidang MTQ. Bahkan, untuk persiapan lomba Syifa pernah beberapa kali mengikuti pemusatan pelatihan di Kebumen dan Semarang.

“Alhamdulillah, berbagai prestasi yang saya peroleh ini tentu karena adanya dukungan penuh dari pihak madrasah. MTsN 1 Pati selalu memfasilitasi saya dan teman-teman yang lain ketika mengikuti perlombaan. Terima kasih untuk MTsN 1 Pati, guru pelatih dan pendamping, serta bapak ibu guru pegawai,” terang Syifa.

Dalam setiap motivasinya, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati selalu menegaskan jika siswa MTsN 1 Pati harus bisa bertanding dan bersanding dengan siswa dari madrasah atau sekolah terbaik. Prestasi Syifa, menjadi salah satu bukti bahwa siswa MTsN 1 Pati mampu akan hal tersebut.

“Motivasi yang kami sampaikan ke anak-anak diterima dengan baik dan Alhamdulillah bisa dibuktikan dengan prestasi MTsN 1 Pati saat ini. Salah satunya, Ananda yang bisa bersanding dengan siswa lain di jenjang atasnya,” ujarnya.

“Prestasi-prestasi ini adalah anugerah dari Allah. Pesan saya, anak-anak mandiri berprestasi MTsN 1 Pati harus bisa menjaga anugerah tersebut dengan tetap rendah hati, tawadzu’ kepada orang tua di rumah ataupun di madrasah, dan jangan lelah berjuang untuk menggapai mimpi kalian. Prestasi yes, akhlakul karimah number one,” pungkas Syafak.(TiM/at/Sua)