Tanggap Kurikulum Baru, MTs Salafiyah Pati Gelar Bimtek Kurikulum

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Perubahan di dunia pendidikan salah satunya adalah adanya perubahan sistem kurikulum. MTs Salafiyah mengantisipasi dan menanggapinya dengan menyelenggarakan Bimtek Kurikulum pada Rabu, (30/3).

Bimtek dengan tema “Mengenal Kurikulum Paradigma Baru” ini digelar di aula madrasah dengan menghadirkan nara sumber ibu Nurul Kamilati dari Balai Diklat Keagamaan Semarang.

Kegiatan yang diikuti oleh sebanyak 103 guru MTs Salafiyah Kajen Pati ini bertujuan untuk membekali para pendidik di lingkungan madrasah dalam menyongsong perubahan di masa yang akan datang.

“Kurikulum Paradigma baru tercipta karena adanya Learning Loss khususnya pada bidang literasi dan numerisasi pada masa pandemi dan pasca pandemi. Kurikulum ini digunakan tahun 2022-2024. Perbedaan Kurikulum Baru dengan kurikulum 2013, atau yang biasa kita sebut dengan K13 yakni pada cakupannya yang lebih fokus dalam hal literasi dan numerisasi,” ungkap Nurul Kamilati dalam penjelasannya.

Menurut Nurul, hal ini guna mengejar ketertinggalan dengan negara-negara di penjuru dunia dalam aspek literasi dan numerisasi. “Agar anak-anak Indonesia tidak lupa dengan nilai-nilai luhur bangsanya, maka Kurikulum paradigama baru memusatkan anak sebagai subjek dan menggunakan Profil Pelajar Pancasila,” imbuhnya.

Profil Pelajar Pancasila merupakan kepribadian yang harus dimiliki oleh para peserta didik yang terdiri dari: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulian, 2) Kebhinekaan Global, 3) Gotong Royong, 4) Mandiri, 5) Bernalar Kritis, 6) Kreatif.

Kurikulum Paradigma Baru telah diterapkan pada 2500 sekolah penggerak di bawah naungan Kemendikbud. Sedangkan, pada madrasah-madrasah di bawah naungan Kementerian Agama kurikulum ini juga sedang digodog agar segera digunakan.

Ketua Yayasan Salafiyah Kajen, Ulin Nuha menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Bimtek ini dan mengatakan bahwa waktu cepat berlalu, dan kita harus up to date terhadap segala situasi.

Sementara Pengawas KKMTs Margoyoso Pati, Heri Suharman juga turut menyampaikan apresiasinya dan mengatakan bahwa diselenggarakannya acara Bimtek Kurikulum Baru ini akan meningkatkan kemampuan bagi para guru. “Saya berharap, MTs ini tidak hanya berhenti meluluskan dan menerima, tetapi nantinya bisa menjadi rujukan atau percontohan khusunya di wilayah Pati Utara,” harap Heri. (rh-at/Sua)