Tim Riset MTs Negeri 1 Kota Semarang Berhasil Meraih Medali Emas Tingkat International

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Prestasi yang sangat membanggakan dipersembahkan oleh tim riset MTs Negeri 1 Kota Semarang yang telah berhasil meraih medali emas dalam kompetisi riset international, IYIA 2022 (International Young Inventors Award). IYIA dilaksanakan pada tanggal 29-31 Oktober 2022 di Universitas Udayana Bali.

Adapun tim riset dari MTs Negeri 1 Kota Semarang terdiri dari Ayunda Putri P., Alya fadia Z., Qanita Zahier E., Safira Putri A., dan Naura Alysia A. dengan judul Manufacturing Nanofiber Made From Styrofoam Waste and Sludge Waste with Electrospining Method. Qanita menjelaskan bahwa dalam presentasi mereka menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar dalam berkomunikasi. Bahasa Inggris menjadi tantangan tersendiri bagi mereka karena harus dapat menjelaskan dan menjawab pertanyaan dari dewan juri. Kompetisi ini menjadi pengalaman yang sangat mengesankan bagi Qanita karena dapat memenangkan medali emas.

Indonesia Inventors Day 2022 merupakan kegiatan ke-9 kalinya yang bertujuan untuk memotivasi para siswa dan juga mengapresiasi mereka yang telah menciptakan produk inovasi, mendedikasikan dirinya untuk menjadi seorang inventor muda melalui ajang penghargaan yang ada dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini diikuti 352 karya inovasi dari 32 negara yang berpartisipasi dengan sistem hybrid dan tujuh negara hadir dalam gelaran tersebut. Negara yang hadir, yaitu tuan rumah Indonesia, Malaysia, Thailand, Rusia, Kazakhstan, Mesir, dan Palestina.

Terdapat dua kategori dalam International Indonesia Inventor Day yaitu pertama untuk kategori di bawah 18 tahun, ajang kegiatannya berlebel International Young Inventors Award (IYIA). Sedangkan kategori kedua adalah Word Invention and Technology Expo (WINTEX) yang diperuntukkan pada tingkatan mahasiswa universitas, para peneliti perorangan, dan para dosen yang berusia di atas 18 tahun.

Kepala MTs Negeri 1 Kota Semarang merasa bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh peserta didik dalam ajang kompetisi riset internasional. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pembimbing dan seluruh pendamping yang mendukung dan memotivasi peserta didik sehingga tetap semangat dalam melakukan riset. Kejuaraan ini semakin menambah prestasi yang telah diukir oleh para peserta didik berprestasi dari hari ke hari. Bravo MTs Negeri 1 Kota Semarang. (Humas Emtessa/bd)