Tim Robotic MTs Salafiyah Pati Raih Juara Robotic Games 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI — Tim Robotic MTs. Salafiyah Kajen Pati berhasil memperoleh Juara Dua di ajang Pati Robotic Games 2023. Lomba robotik tingkat Kabupaten ini diselenggarakan oleh pihak IYRA Indonesia berkerjasama dengan pihak Pemerintah Kabupaten, Dinas Pendidikan, dan Kementrian Agama. Sebanyak enam tim di kategori Creative Open termasuk salah satunya Tim Robotik MTs. Salafiyah Kajen saling berlomba mempertontonkan performa terbaik. Para komunitas pecinta robot seperti RACER Robotic, Kampong Robot, dan Robotasia turut serta dalam kemeriahan acara yang digelar di Pendopo Kabupaten Pati, Minggu, (10/9).

Tim perwakilan MTs. Salafiyah kajen menampilkan robot tank radar tanpa awak. “Robot tersebut fungsi utamanya untuk meningkatkan kemampuan pertahanan negara. Meski belum memiliki nama khusus, hadirnya robot tank nyatanya telah mampu memberikan sumbangsih yang berharga bagi madrasah,” terang Muhammad Fajar Suryadi yang didapuk sebagai pembimbing tim.

Sementara, Ilham Hafiz Pratama, siswa kelas 8C yang menjadi salah satu motor di Tim Robotik MTs. Salafiyah Kajen memberikan beberapa penjelasan tentang raihan prestasinya. Ilham mengatakan, melalui lomba tersebut dia dapat mengambil banyak pengalaman. “Utamanya saya jadi memahami bagaimana cara yang benar dalam membuat atau mengerti sistem kerja robot,” ujar Ilham.

Melalui keberhasilan ini Tim Robotik MTs. Salafiyah Kajen masih ingin mencoba meraih target lain, yaitu di tingkat Provinsi. “Mendapatkan nomor pada lomba berikutnya yaitu lomba robotik tingkat Provinsi, MRC di Jogja,” kata Ilham, menerangkan.

Berperan sebagai pengendali software dan pemresentasi materi, Ilham menceritakan bahwa dia dan rekannya Ridwan Arsyad yang juga teman sebangku di kelas 8C membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu untuk merakit.

Berkat kemenangan yang diraih sebagai juara dua kategori Creative Open di Ajang Pati Robotic Games 2023, Ilham menyatakan sangat bersyukur dan berharap siswa-siswi lain dari MTs. Salafiyah Kajen kelak di lain waktu mampu menyamainya. “Terus belajar dan semangat sampai target tercapai,” ucap Ilham, menyampaikan pesan.(MTs./SLF/at/Sua)