Ubah Mimpi Jadi Prestasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Roziqun pada hari Sabtu (9/9/2023) menghadiri kegiatan pembukaan lomba Mapsi (Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam) SD tingkat Kabupaten Pemalang. Lomba Mapsi digelar di SMA Negeri 1 Moga. Roziqun hadir bersama Kasi PAIS Kankemenag, Mahbub Nur Junaedi. Plt. Kepala Dindikbud Kabupaten Pemalang beserta Kasi SD, dan Camat Moga, Umroni turut hadir dalam kegiatan pembukaan lomba.

Roziqun dalam sambutannya berpesan agar pelaksanaan yang sudah dipersiapkan secara maksimal ini mampu menghasilkan prestasi yang baik dan mampu bersaing dalam tahap berikutnya.

“Anak-anak harus berani bermimipi karena mimpi itu gratis, agar mimpi menjadi prestasi yang terbaik, menjadi juara bisa terwujud, harus diiringi belajar keras, berlatih tanpa pandang jemu dan dukungan biaya,” kata Roziqun. Ia menambahkan bahwa motivasi dan semangat yang dimiliki peserta lomba adalah separuh kemenangan, separuhnya lagi realisasi saat berlaga.

Rosihin selaku ketua panitia menjelaskan tujuan diselenggarakan lomba Mapsi adalah sebagai tolok ukur keberhasilan penerapan kurikulum 13 dan kurikulum Merdeka. “Bagi peserta yang meraih juara kesatu akan maju ke tingkat provinsi mewakili Kabupaten Pemalang, sebagai sarana seleksi untuk tingkat yang lebih tinggi,” tandasnya.

Selanjutnya Plt. Kepala Dindikbud, Supa’at dalam sambutannya membacakan sambutan dari Plt. Bupati Pemalang. Ia mengatakan lomba Mapsi yang dilaksanakan pada hari ini memiliki makna yang sangat strategis dan positif, agar anak anak semakin giat dan tekun memahami ajaran Islam. “Ada dampak positifnya ke depan seiring dengan tantangan zaman yang sangat berat, tidak bisa dibendung ataupun dielakkan, terutama dalam hal moralitas,” kata Supa’at.

Supa’at juga menitip pesan agar dewan juri untuk bekerja seobyektif mungkin, keputusan yang dibuat juri akan dikenang anak sepanjang masa hayatnya. Dia berharap kepada guru PAI untuk memperhatikan dengan seksama pada raport pendidikan yang berkenaan dengan literasi, numerasi dan karakter siswa, karena itu merupakan amanat pemerintah untuk disukseskan.

Pelaksaan lomba Mapsi diikuti oleh 14 kontingen kecamatan dengan jumlah peserta 504 siswa SD di Kabupaten Pemalang. Juara umum pada lomba Mapsi SD tingkat Kabupaten Pemalang tahun 2023 di raih kontingen dari Kecamatan Taman.

Menurut Ketua KKG Kabupaten Pemalang Sunar, pelaksanaan lomba kali ini lebih cepat durasi waktunya dibanding pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya. Ia berharap perhelatan Mapsi di tahun depan akan lebih baik lagi. Hal tersebut diiyakan oleh Ketua Pokjawas PAI Kabupaten Pemalang, Zubaidah yang dengan sabar menunggu jalannya lomba Mapsi sampai kegiatan berakhir. (asy/fi/bd)