Upacara Hari Jadi Ke 394 Kabupaten Kebumen, Kakankemenag Pimpin Doa Dengan Bahasa Jawa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Pemerintah Kabupaten Kebumen mengelar Upacara Hari Jadi Ke 394 Kabupaten Kebumen, di Lapangan Pantai Ayah Kebumen,Senin (21/08/2023). Upacara diikuti oleh  perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN), tokoh masyarakat dan perwakilan seluruh elemen masyarakat dengan mengenakan pakaian adat Jawa. Bahkan tidak seperti upacara pada umumnya, upacara kali ini juga dilaksanakan dengan menggunakan Bahasa Jawa halus (karma inggil).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Sukarno, yang hadir bersama jajaran Forkompimda lainnya, didaulat menjadi pemimpin doa (hastungkara) pada upacara tersebut. Mengawali doanya, Kakankemenag mengucapkan syukur dan memohonkan ampunan serta rahmat kepada Allah S.W.T. semoga masyarakat Kabupaten Kebumen senantiasa diberikan rahmat dan ampunan serta dijauhkan dari segala marabahaya.

Selanjutnya ia mendoakan semoga masyarakat kebumen diberikan kekuatan dan semangat untuk membangu Kabupaten Kebumen tercinta agar semakin Semarak Sejahtera, Mandiri, Berakhlak Bersama Rakyat, unggul dan berprestasi.

Duuh Gusdi ingang Moho Suci Panjenengn ingkang Ngasto Dzat Pinuji Mugiyo Panjengenan ngluberaken dateng negari Kabupaten Kebumen bumi pertiwi Kekiatan lan semangat mangun negeri ingkang edi kangge mejengipun Kebumen unggul lan prestasi Semarak – sejahtera berakhlak  lan mandiri,” Ucap Sukarno dalam doa yang dipanjatkannya menggunakan bahasa Jawa.

Sementara Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto dalam amatnya yang juga disampaikan menggunakan Bahasa Jawa mengatakan bahwa peringatan Hari Jadi Ke 394 Kabupaten Kebumen sangat bermakna bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kebumen. Peringatan Hari Jadi sebagai refleksi dan kontemplasi tekad dan perjuangan serta pengabdian untuk mewujudkan Kebumen Sejahtera Mandiri Berakhlak Bersama Rakyat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada para bupati pendahulu yang telah berkarya untuk Kabupaten Kebumen. Ia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pimpinan maupun anggota dewan yang terhormat, Forkopimda Kebumen, aparatur pemerintah, tokoh masyarakat, alim ulama, dan cendekiawan, serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kebumen yang telah mendorong terwujudnya Kebumen Manglingi.

Lebih lanjut H. Arif menyampaikan harapannya, semoga seluruh masyarakat Kabupaten Kebumen senantiasa menjaga kekompakan dalam menyukseskan pembangunan yang berkelanjutan untuk peradaban Kebumen yang lebih maju. Hal ini ia sampaikan sebagaimana maksud yang terkandung dalam tema Peringatan Hari Jadi Ke 394 yakni “Terus Kompak Untuk Kebumen Semarak.”

“Kekompakan, insyaallah akan mengantarkan kita ke kehidupan yang sejahtera, mandiri, dan berakhlak,” Ujar Bupati.(fz/bd).