Upacara Pembukaan LPK Ke-XI Pondok Pesantren Darul Amanah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Kwartir Daerah Pramuka Jawa Tengah yang diwakili Wakil Ketua Bina Satuan didampingi Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Kendal hadiri Upacara Pembukaan Lomba Perkemahan Khutbatul Arsy (LPK) Ke-XI Pondok Pesantren Darul Amanah di Lapangan Ngadiwarno, Kamis (27/10).

Dalam sambutannya Wakil Ketua Bina Satuan Kwartir Daerah Pramuka Jawa Tengah, Agung Suprayoko mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan LPK Ke-XI ini, melihat potensi, jumlah peserta dan padatnya kegiatan yang dipersiapkan.

“Dalam perjalanan kegiatan LPK Ke-XI ini tentunya santri pramuka Pondok Pesantren Darul Amanah sudah mengaktualisasi ketrampilan dan lainya dalam perlombaan kepramukaan sehingga santri pramuka darul amanah mampu berkarya di masyarakat kelak. Kami yakin adik-adik sudah mempersiapkan sedemikian rupa sehingga harapannya, apa yang sudah lakukan ketika berlatih bisa tersaji atau ditampilkan”, tuturnya.

Ada 3 amanah yang tercantum dalam tujuan gerakan pramuka, yang pertama yakni pembangunan karakter, yang kedua nasionalisme serta yang terakhir membekali ketrampilan dan kecakapan hidup bagi kaum muda. Pondok pesantren Darul Amanah membangun karakter santrinya melalui keseimbangan pendidikan spiritualnya dan emosional, dengan menanamkan nilai-nilai nasionalisme tentunya melalui kegiatan pramuka akan menjadi bekal keterampilan dalam kecakapan hidup bermasyarakat.

Sambutan hangat diberikan oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) utama Pondok Pesantren Darul Amanah KH. Mas’ud Abdul Qodir. Sambutan selamat datang dibuka dengan penampilan tari adat nusantara. Pembukaan Lomba Perkemahan Khutbatul Arsy (LPK) Ke-XI secara resmi ditandai dengan pelepasan balon, penanaman pohon tunas kelapa, penancapan keris, penandatangan prasasti kegiatan serta pelepasan burung merpati.

Dipenghujung acara, pimpinan pesantren menerima piala dan penghargaan atas capaian dari andika yang meraih prestasi di berbagai lomba pramuka tingkat nasional seperti piala kegiatan Lomba Kepramukaan Penggalang dan Penegak Tingkat Nasional di Madura dan Lomba Pramuka Pelangi XIII La Tansa Banten serta dilanjutkan para tamu undangan kembali disuguhkan penampilan dari andika-andika pramuka santri Pondok Pesantren Darul Amanah. (DA/bel/bd)