Wali Kelas Ujung Tombak Pelayanan Madrasah dengan Wali Murid 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Berakhirnya Penilaian Akhir Tahun  (PAT) kesibukan wali kelas bertambah. Terlihat pada minggu-minggu terakhir akan dibagikannya rapor kepada wali murid (17/6).

Di ruang kelas masing-masing semua wali kelas siap dengan laporan hasil belajar siswa yang tertuang dalam raport.

MTs Negeri 2 Banjarnegara membagikan hasil belajar serta surat tanda kelulusan sebagai laporan kepada wali murid proses belajar yang sudah berlangsung.

Pengumuman hasil lulus diberikan serentak pada hari itu. Sekaligus sebagai syarat administrasi pendaftaran masuk ke SMA atau SMK.

“Kami memang sangat sibuk dengan berbagai pekerjaan setelah penilaian akhir semester. Dari mulai pengolahan nilai, menguploud nilai, menghimpun nilai dari guru mata pelajaran sampai pada pembagian rapor serta menemui wali murid,” ungkap Yuli Amaliyah salah satu wali kelas IX.

Hal senada diungkapkan Ratna Ayu Kartika Wulan selaku kepala madrasah, bahwa wali kelas ujung tombak menyampaikan informasi dari madrasah ke masyarakat. Dengan demikian harus pandai-pandainya mengolah kata dalam menyampaikan sesuatu. Jangan sampai bermakna ganda bahkan salah tafsir.

Dwi Widiyastuti wali kelas IX A juga menegaskan bahwa  wali kelas tangan kanannya madrasah. Apapun permasalahan yang dihadapi anak didik atau problematika madrasah pasti wali kelas berperan di situ. Jadi jangan abaikan kinerja wali kelas karena ternyata memang tidak mudah.

“Anak nakal kami juga ikut membantu menyelesaikan baik di madrasah maupun masuk koridor keluarga. Madrasah mempunyai program yang berkaitan dengan wali murid pasti wali kelas dulu yang menyampaikan kepada mereka. Yachh… kadang bingung. Tapi tidak boleh memihak siapa pun dan harus netral. Tidak memihak sehingga mendapat jalan terbaik,” jelas Hanis wali kelas IX C.

Dengan adanya wali kelas di garda terdepan,  maka dibutuhkan profil wali kelas yang mumpuni dan mampu menyelesaikan semua permasalahan yang ada dengan cepat, tepat dan efektif. (dw/ak/rf)