081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

WBI Pati Turut Serta Meriahkan HUT RI Ke-77

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Pengurus Cabang Wanita Buddhis Indonesia (WBI) Kabupaten Pati selenggarakan lomba di Lingkungan Vihara Bodhi Kaloka, Desa Karangsari Kecamatan Cluwak, pada Minggu, (07/08/2022).

Lomba terdiri dari Lomba Membaca Kitab Suci Dhammapada, Lomba Kreasi Menu Masakan non Beras, serta Lomba olahraga berupa tarik tambang, dan goyang balon. Peserta lomba terdiri dari ibu-ibu anggota WBI Kabupaten Pati, yang telah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh panitia. Semisal, lomba membaca kitab suci Dhammapada, salah satu persyaratannya adalah Wanita Buddhis berusia paling rendah 45 tahun, yang dibuktikan dengan menunjukkan kartu identitas kepada panitia. Sedangkan, untuk peserta lomba kreasi memasak serta olahraga tidak disyaratkan untuk kriteria tertentu.

Lomba dengan tema, “Dengan Semangat Kemerdekaan, Berekspresi, Berkarya dalam Kebersamaan” diawali dengan prosesi Pembukaan yang dihadiri oleh Ketua PD WBI Provinsi Jawa Tengah, Ketua PC MBI Kabupaten Pati, Tokoh MBI Kabupaten Pati, Penyuluh Agama Buddha Kabupaten Pati, serta perwakilan Pesamuan Umat Buddha (PUB) di bawah binaan Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI) Kabupaten Pati yang terdiri dari delapan vihara dan satu Cetiya.

Ketua PD WBI Provinsi Jawa Tengah, Suntari dalam sambutannya menyampaikan bahwa lomba ini merupakan bentuk kecintaan Wanita Buddhis Indonesia terhadap Bangsa dan Negara.

“Wanita Buddhis Indonesia harus menjadi contoh bagi umat Buddha, dalam hal semangat kebersamaan pada wadah persatuan satu jiwa Bangsa Indonesia. Salah satunya adalah dengan lomba-lomba dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Suntari.

Sementara itu, Ketua PC WBI Kabupaten Pati, Jumi, sebagai Penyelenggara Lomba, mengatakan bahwa lomba ini merupakan program jangka menengah WBI Kabupaten Pati, yang sudah dilaksanakan beberapa kali guna menyambut HUT Kemerdekaan RI.

“Selain bertujuan untuk kebersamaan dan mengimplementasikan program, lomba ini juga dapat menjadi tolak ukur kemampuan anggota WBI dalam hal membaca Dhammapada, kemampuan memasak, serta menilai sejauh mana anggota WBI dapat berpartisipasi dalam setiap kegiatan WBI,” ujar Jumi.

Saat ditemui di sela-sela lomba, Rini sebagai perwakilan Vihara Dwi Dharma Loka, Karangsari yang mengikuti lomba memasak ini, mengaku turut senang dapat berpartisipasi dalam lomba, karena selain dapat menjadi wakil viharanya juga dapat menunjukkan kreativitasnya dalam memasak.

“Lomba ini dapat juga menjadi ajang promosi bagi vihara kami, bahwa WBI Vihara Dwi Dharma Loka, siap menerima pesanan kue-kue untuk acara-acara tertentu,” tuturnya.

Sementara menurut Jumi’ah, selaku Penyuluh Agama Buddha Kabupaten Pati, lomba ini dapat menjadi inspirasi bagi Organisasi Wanita Keagamaan Buddha yang lain, untuk dapat melaksanakan acara-acara sejenis dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

“WBI Pati, menjadi contoh kemajuan organisasi keagamaan Buddha yang peduli terhadap pentingnya kebersamaan dan kebebasan berekspresi bagi anggotanya,” tegasnya.

Pengumuman pemenang serta pembagian hadiah disampaikan oleh panitia pada hari yang sama, dengan perolehan juara sebagai berikut:

  1. Lomba membaca Kitab Suci Dhammapada:

Juara I        : Vihara Metta Manggala, Payak

Juara II       : Vihara Dwi Dharma Loka, Karangsari

Juara III      : Vihara Catur Dharma Datu, Bleber

  • Lomba memasak:

Juara I        : Vihara Dwi Dharma Loka, Karangsari

Juara II       : Vihara Metta Manggala, Payak

Juara III      : Vihara Catur Dharma Datu, Bleber

  • Lomba tarik tambang:

Juara I        : Vihara Glagah Wangi, Glagah

Juara II       : Vihara Bodhi Kaloka, Karangsari

Juara III      : Vihara Metta Manggala, Payak

  • Lomba balon:

Juara I        : Vihara Svara Dharma, Sulo

Juara II       : Vihara Catur Dharma Datu, Bleber

Juara III      : Vihara Glagah Wangi, Glagah

Dengan demikian, Vihara Metta Manggala, Payak dinobatkan memperoleh gelar juara umum.(Jum/at/Sua)