Zahid Khasani: 4 Syarat Orang Menjadi Moderat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Kepala Sub. Bagian Tata Usaha pada kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Zahid Khasani, mengingatkan pentingnya moderasi beragama di hadapan peserta kegiatan Internalisasi Moderasi Beragama dan Deklarasi Tahun Toleransi, Senin 10 Oktober 2022 di Aula Kecamatan Wanayasa.

Pada acara yang dihadiri oleh 94 orang dari unsur ASN Kementerian Agama, Forkompincam, Tokoh Agama, Pimpinan Ormas Islam, Tokoh Masyarakat, Penyuluh Agama Islam se Kecamatan Wanayasa, dilakukan ikrar deklarsi Tahun Toleransi yang pengucapannya dipimpin oleh Kepala KUA Kecamatan Wanayasa, Mantep Miharso.

Zahid menyatakan, bahwa semua ASN Kementerian Agama sudah moderat. Tetapi internalisasi Moderasi Beragama ini penting, tujuannya untuk memupuk dan merawat sikap moderat yang sudah ada, sehingga menjadi kebutuhan, bukan sekedar program.

“Kegiatan ini merupakan program nasional yang diamanatkan Presiden kepada Menteri Agama sehingga merupakan program skala prioritas bagi Kementerian Agama. Tujuannya untuk mewujudkan masyarakat yang semakin moderat semakin maju, sehingga toleransi dan moderasi menjadi kebutuhan bersama, dilakukan bersama dan didukung berama”, paparnya.

Lebih lanjut Zahid mengatakan bahwa untuk dikatakan seseorang sudah moderat, apabila telah memenuhi 4 perkara

“Pertama Komitmen Kebangsaan  terhadap 4 pilar negara yaitu  UUD 1945; Pancasila; Bhinneka Tunggal Ikka dan NKRI. kedua Toleran, ketiga Anti Kekerasan. Dan keempat Menghargai serta menerima budaya lokal “

Dalam sambutan tunggalnya, Camat Wanayasa Sri Wahyuni, SE berpesan agar semua elemen tetap menjaga kerukunan antar umat beragama, meskipun berbeda bajunya.

“Kami selaku pemangku kepentingan dan kebijakan di kecamatan Wanayasa, sangat mengharapkan kegiatan ini bisa mempererat kerukunan. Kalau masyarakat tidak rukun, tentu energi kita akan habis untuk hal itu, dan akhirnya kemajuan-kemajuan dan pelayanan masyarakat akan terganggu,” jelasnya

Acara yang berlangsung mulai pukul 13.00 berakhir pada pukul 14.30 ini dilanjutkan penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh peserta. (ms/ak/bd)