Jagalah Kesehatan Menghadapi UAMBN dan USBN

Pati – Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) Tahun Pelajaran 2016/2017 mulai dilaksanakan hari Senin (20/3) hingga lima hari ke depan (20-24/3).

Pelaksanaan UAMBN dan USBN di MAN 2 Pati pada Senin (20/3) diikuti oleh 248 peserta didik kelas XII MAN 2 Pati berlangsung tertib dan lancar, dibuka secara resmi oleh Kepala MAN 2 Pati Sutarmo.

Pengawasan ujian dilakukan oleh guru dengan sistem pengawasan silang antar madrasah atau antar guru mata pelajaran di madrasah penyelenggara. Setiap ruang ujian diawasi oleh 2 (dua) orang pengawas ujian. Demikian disampaikan Sutarmo mengawali sambutannya.

Lebih lanjut Sutarmo mengucapkan terima kasih kepada para pengawas dari Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) se KKM MAN 2 Pati yang melaksanakan tugas dan kewajiban serta tanggungjawab penuh pada pelaksanaan UAMBN dan USBN didalam ruang ujian, “tandasnya.

Sutarmo mengingatkan, peserta didik harus selalu menjaga kesehatan karena dalam seminggu ke depan akan mengadapi UAMBN dan USBN, untuk itu agar tidak terkendala dalam mengerjakan soal, kesehatan sangatlah diperlukan dan tidak lupa belajar serta berdoa kepada Allah SWT, “pesannya.

Ditambahkan Sutarmo, “Jangan sepelekan UAMBN dan USBN ini, sistem kerjanya hampir sama dengan sistem ujian pada saat Ujian Nasional nanti”, tegasnya.

Adapun Jadwal Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) terintegrasi dengan jadwal Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Seperti yang telah diumumkan sebelumnya bahwa mata pelajaran yang diujikan di UAMBN adalah semua Pelajaran Agama Islam (Qur’an Hadist, Fiqih, Akidah Akhlak, SKI  dan Bahasa arab. Sedangkan USBN mata pelajaran yaitu Biologi, Geografi, Sejarah, Sejarah, PKN, Kimia, Sosiologi, Fisika, dan Ekonomi, “terang Sutarmo mengakhiri sambutannya.(Nasik/Athi’/bd)