Kanwil Kemenag Gelar Uji Kompetensi Calon Pengawas Madrasah

Semarang (Umas) -Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Pendidikan Madrasah bekerjasama dengan Pusat Bimbingan Konseling dan LayananPsikologi UPGRIS Semarang menyelenggarakan Ujian Kompetensi dan Subtansi   Calon Pengawas Madrasah Tahun 2021, Senin , (24/05) di UPGRIS Kampus 4  Gedung  Lantai 6 Semarang.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kakanwil Musta'in Ahmad didampingi Kabag TU Fajar Adhy Nugroho, Kabid Penma Ahmad Saifullah beserta para  Kasi di Lingkungan Bidang Penma Kanwil Kemenag dan diikuti 120 calon pengawas madrasah   dari Kankemenag  Kab/Ko se  Jateng.

Dalam membuka acara   Musta'in Ahmad menyampaikan  tujuan  dilaksanakannya kegiatan ini, untuk memenuhi kebutuhan calon pengawas  Madrasah di Jawa Tengah yang notabenya kurang sehingga nantinya hasil dari uji kompetensi dan subtansi  calon pengawas ini menjadi acuan pengangkatan  madrasah.

“Uji kompetensi ini sangat penting dilakukan, untuk memetakan sebaran dan kompetensi mereka sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan   pengawas- pengawas yang berkompeten yang akan menjadi acuan dalam keprofesionalan pengawas madrasah,” kata Musta'in.

“Dalam sarana manajemen kita, maka unsur manusia adalah yang paling pokok, SDM  didalam penyelenggaraan pendidikan madrasah menjadi perhatian kita semua,” tambahnya.

Mustain berharap kepada peserta yang hadir  semoga bisa mengikuti uji kompetensi dengan sungguh-sungguh  dan bisa menyelesaikan seluruh uji kompetensi  dengan sebaiknya- baiknya dan memenuhi syarat sebagai pengawas madrasah.
 
Dalam kesempatan yang sama Kabid Penma A. Saifullah menambahkan kegiatan ini melibatkan Narasumber Utama  sebanyak  Tenaga Ahli dari UPGRIS sebanyak 6 orang uji kompetensi dan FGD. Dan untuk penguji substansi oleh pengawas madrasah senior sebanyak 11 pengawas Madrasah (uji Substansi).

 ” Menghasilkan bibit-bibit pengawas madrasah  yg berkualitas , profesional ,dan  mampu meningkatkan kualitas pengawas ,” ujarnya.

Saiful menjelaskan  jumlah pendaftar yang mengikuti seleksi administrasi calon pengawas  madrasah  Tahun 2021 sejumlah 534 peserta,  hasil seleksi yangdinyatakan lolos administrasi   120 peserta.

“Peserta yang telah dinyatakan  lolos seleksi sebanyak 120 peserta  dan berhak mengikuti uji kompentensi dan subtansi calon pengawas madrasah,” ungkapnya.

Adapun ujian  kompetensi Pengawas Madrasah  dilaksanakan  tanggal 24 Mei dan  akan  berakhir besok dengan materi yang  diujikan dihari pertama  meliputi,Psikotes  dan FGD,dihari kedua wawancara   uji substansi/wawancara meliputi wawasan kebangsaan , moderasi beragama, kompetensi kepengawasan madrasah , pengetahuan umum serta baca tulis Al-Qur'an.(rf/ps).