Kemenag Salurkan Bantuan untuk Panti Asuhan dan Ponpes

Wonogiri – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) kembali menyalurkan bantuan berupa sembako untuk Panti Asuhan dan Pondok Pesantren, Jum’at (7/10).

Menurut Sekretaris UPZ Kankemenag Wonogiri, Fauzi Rohman Jauhari bahwa  Panti Asuhan dan Pondok Pesantren di pilih UPZ Kankemenag Wonogiri  sebagai tempat penyaluran bantuan mengingat kedua tempat tersebut secara empiris telah terbukti dan ikut serta mencerdaskan anak bangsa. Semisal pondok pesantren memiliki peran vital dan strategis dalam menyesukseskan pembangunan nasional. Bukan hanya itu, dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaanpun, madrasah dan pondok pesantren, melalui kyai dan santrinya memegang andil yang sangat besar.

Dalam gerusan globalisasi, pondok pesantren tetap eksis dan konsisten menyuguhkan sistem pendidikan yang komprehenshif antara kekuatan fisik (jasmani) dan kebutuhan mental spiritual (rohani). Sehingga output pesantren adalah terbentuk manusia yang sholeh dan cerdas pemikirannya.

Sedangkan Panti Asuhan secara nyata dan peduli membantu sesama dan banyak orang yang berhasil saat ini justru berangkat dari kesusahan, makanya jadikan kesusahan ini sebagai motivasi untuk bersungguh-sungguh dalam berjuang mencapai tujuan.

Kemenag berharap supaya anak-anak yatim yang berada panti asuhan untuk tidak minder dan jangan mau kalah bersaing dengan anak-anak lainnya. Karena pada dasarnya, semua anak-anak Indonesia mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk meraih prestasi. Adapun bantuan di ujudkan dalam bentuk beras, minyak goreng, gula, teh dan mie.

Menurut Fauzi penyaluran bantuan merupakan bentuk kepedulian dan apresiasi keluarga besar Kankemenag Wonogiri terhadap pondok pesantren telah terbukti memainkan peran sekaligus memberikan kontribusi penting dalam mencerdaskan kehidupan umat Islam, lembaga yang menjaga dan menyiapkan santrinya kuat iman dan akhlaknya.

Adapun yang mendapatkan bantuan untuk Panti Asuhan Ya Ibad Sidoharjo sedangan pondok pesantren yang mendapatkan bantuan antara lain : Ponpes Mambaul Hikmah (Selogiri), Ponpes Al Ibanah (Purwantoro) Ponpes Al Fatah (Wonogiri), Ponpes Ar Rukoyyah (Kismantoro), Ponpes Al Amanah (Sidoharjo), Ponpes Al Huda (Wonogiri) Ponpes Bhoiruha (Jatipurno) Ponpes Al Amin (Tirtomoyo) dan Ponpes Gani Tirto Asri (Tirtomoyo). (Mursyid ___ Heri/gt)