Plt. Kasi Penma (kiri) meninjau langsung pelaksanaan KSM Kabupaten Purworejo

MAN Purworejo Loloskan Tiga Siswanya ke KSM Tingkat Provinsi

Purworejo – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Purworejo yang merupakan ajang bergengsi di kalangan siswa madrasah digelar secara daring pada 21-23 Agustus 2021. Tak ketinggalan, MAN Purworejo turut ambil bagian dengan mengirimkan enam orang wakilnya. Alhasil, lima orang di antaranya mampu meraih juara. Kelimanya yaitu Luthfia Haritsa (kelas XI MIPA1) yang berhasil menjadi juara I mapel Fisika, ‘aisyah Nur Kamila (kelas XII MIPA 1) juara II mapel Kimia, Lifia Ayu Wijayanti (kelas XII IPS 1) juara III mapel Ekonomi, dan 2 siswa lainnya yaitu Aura Zahwa Nur Alifia (kelas XI MIPA 1) dan Amareta Fadia Pradani (kelas XII IPS1) masing masing juara harapan 1 dan 3 untuk mapel Biologi dan Geografi.

Perjuangan yang berat dan kompetitif diakui oleh ketua tim sukses KSM 2021 MAN Purworejo, Dra. Hj. Kholifah. “Kompetisi tingkat kabupaten saja persaingan begitu berat. Apalagi nanti di provinsi, tentu harus kita wujudkan dengan kerja keras dan motivasi tinggi. Kita akui berat tapi tetap harus optimis untuk terus berjuang sepenuh kemampuan yang kita punya. Dan tentunya berdoa memohon kepada Allah untuk mendapatkan hasil terbaik,” tutur perempuan yang juga merupakan waka kesiswaan di MAN Purworejo.

Tak pelak, hasil tersebut mendapatkan apresiasi tinggi dari kepala madrasah, Khoirul Umam, M.Pd. “KSM ini salah satu ajang untuk bisa menghasilkan calon-calon intelektual muda yang cerdas dan berkarakter. Saya sangat senang oleh hasil yang dicapai oleh anak-anak,” ungkapnya. “Yang lolos ke tingkat provinsi ada tiga anak, yaitu untuk mapel Fisika, Kimia, dan Ekonomi. Kita mohon doa, agar mereka mampu meraih juara di tingkat provinsi dan nasional mengikuti jejak para seniornya yang memperoleh medali emas di tahun sebelumnya.” ujarnya memberi semangat.

Selain tingkat aliyah, KSM juga diselenggarakan untuk siswa madrasah tingkat tsanawiyah dan ibtidaiyah. Para pemenang kompetisi ini di tingkat kabupaten yang memperoleh juara 1,2, dan 3 berhak mengikuti babak selanjutnya di tingkat provinsi Jawa Tengah yang akan digelar pada 18-20 September 2021 mendatang. (Sgy/bd)