Menjaga Kesehatan Reproduksi Penting untuk Menghasilkan Generasi yang Sehat

Purworejo – Kegiatan Bimbingan Perkawinan Angkatan Kedua kembali digelar di Dje Cafe Kutoarjo pada Senin (8/11/2021) dipandu moderator Hj. Nur Hidayati yang sangat handal, kocak dan humoris sehingga menambah suasana hangat sepanjang acara.

Kegiatan hari itu menghadirkan tiga narasumber. Pertama, Drg. Susi Ariyani memberikan materi mengenai kesehatan reproduksi. ”Agar menghasilkan generasi yang sehat, yang pertama yaitu mempersiapkan kesehatan sebelum nikah dengan pemeriksaan fisik di antaranya pemeriksaan denyut nadi, tekanan darah, dan suhu tubuh. Juga pemeriksaan penunjang yaitu gula darah, HIV, IMS, hepatitis, TORCH, malaria serta pemberian imunisasi tetanus bagi catin perempuan,” terang dokter gigi yang juga adalah Kepala UPTD Puskesmas Kutoarjo tersebut. “Menjaga organ reproduksi tak kalah penting selain pemeriksaan oleh tenaga kesehatan,” tambahnya.

Narasumber kedua adalah Dra. Yamsiyah, berprofesi sebagai Kepala BKKBN Kecamatan Kutoarjo yang membekali peserta dengan materi tentang bagaimana mempersiapkan generasi berkualitas. Selanjutnya, Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, H. Uan Abdul Hanan, S.Ag., M.S.I. sebagai narasumber terakhir menyampaikan refleksi dan evaluasi, sekaligus membagikan sertifikat keikutsertaan Bimbingan Perkawinan di akhir acara. Kepala KUA Kutoarjo, Drs. H. Zaenal Fitri, M.Ag. juga tampak hadir dalam acara tersebut. (hws/sgy/bd)