Sosialisasi Pembatalan Keberangkatan Haji, Kemenag Gandeng Pak Bhabin

Purworejo – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo berencana melakukan sosialisasi pembatalan keberangkatan haji 2021 karena pandemi. Untuk itu, proses pengambilan gambar video dilakukan pada Senin (12/7) di wilayah kecamatan Banyuurip, Purworejo.

Rencananya, video hasil syuting tersebut nantinya akan diunggah ke media sosial untuk dapat dilihat oleh masyarakat. Adapun pemilihan medsos sebagai sarana sosialisasi kali ini dikarenakan Purworejo tengah berstatus sebagai kabupaten dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 sehingga melalui sosialisasi online tersebut sekaligus mendukung program pemerintah kabupaten dalam mengurangi intensitas mengumpulkan massa.

Dalam video pendek berdurasi sekitar dua menit tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Fatchur Rochman berperan sebagai diri sendiri yang menjelaskan seputar pembatalan keberangkatan haji tahun ini. Sedangkan youtuber ternama di Purworejo, yaitu Herman Hadi Basuki alias Pak Bhabin yang memiliki akun youtube Polisi Motret turut digandeng untuk memberi warna pada video. “Pak Bhabin ini kan orang terkenal di Purworejo dan channel youtube-nya banyak yang subscribe. Untuk itu kita ajak beliau agar video ini nantinya bisa efektif ditonton oleh ribuan masyarakat Purworejo,” kata Fatchur disela-sela proses syuting.

Sementara itu, dalam video juga diterangkan mengenai keberadaan dana haji yang tersimpan di lembaga khusus yang mengelola keuangan haji bernama Badan Pengelola Keuangan Haji atau disingkat BPKH. (sgy/bd)