Wagub terima kepulangan Kloter 1 Jamaah Haji asal Kabupaten Brebes

Boyolali – Rangkaian prosesi pelaksananaan ibadah haji telah usai sejak 5 Oktober 2014 yang lalu, berdasarkan jadwal rencana kepulangan jamaah haji, hari ini Jumat (09/10) kloter 1 jamaah haji Debarkasi Solo akan tiba di Bandara Adi Soemarmo Solo pada pukul 15.05 mundur 5 jam dari jadwal awal.

Pesawat GA 6501 mendarat di Bandara Adi Soemarmo Solo menurunkan penumpang jamaah haji kloter 1, selanjutnya jamaah haji diangkut dengan bis dari daerah menuju asrama haji Donohudan untuk proses penyerahan dan penerimaan jamaah.

Upacara penyerahan dan penerimaan jamaah haji kloter 1 asal Kabupaten Brebes dilaksanakan di Aula Gedung Muzdalifah yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko.

Ketua PPIH Debarkasi Solo Khaeruddin melaporkan bahwa Jumlah Jamaah yang diberangkatkan dari Embarkasi Solo berjumlah 26,433 jamaah sebanyak 71 kloter terbagi atas 23,607 asal Jawa Tengah dan DIY 2,471, secara rinci terdiri atas TPHI 71, TPIHI 71, Dokter 71, Para Medis 142, dari rencana pemberangkatan sebanyak 26,183 dan realisasi 26,078 terdapat selisih 105 ini dikarenakan ada yang meninggal, sakit maupun mutasi.

Untuk jamaah yang wafat di tanah air sebanyak 15, di pesawat 2 orang dan di tanah suci 30 org, untuk yang batal karena hamil 3 orang ini menjadi prioritas tahun depan.

Wakil Bupati Brebes Ahmad menerima jamaah haji kloter 1 dan berterima kasih kepada Kementerian Agama selaku penyelenggara ibadah haji. Ahmad menyampaikan ucapan selamat datang kepada para jamaah haji dan Beliau berharap sesampainya di kampung halaman nantinya dapat memberikan warna khususnya dalam mendukung pembangunan daerah

“Selamat datang para jamaah haji semoga menjadi haji mabrur, kami berharap para jamaah haji dapat ikut serta bersama-sama dengan pemerintah daerah kabupaten brebes dalam mengakselerasi proses pembangunan”, ucap Ahmad.

Sedangkan Heru Sudjatmoko yang mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa jamaah haji sekalian menjadi Haji yang mabrur serta mampu menjaga kemabrurannya ditengah masyarakat, mampu menjadi contoh dan teladan dilingkungan masing-masing.

“Semakin banyak haji yang mabrur ditengah-tengah kita harapannya akan membawa kesejukan disekitarnya, khususnya saat ini dimana masyakarat kita yang sering kali salah paham, beda pendapat dan beda kepentingan. Kemabruran haji hendaknya menjadi cerminan bahwa agama Islam merupakan agama yang membawa perdamaian, yang senantiasa menganjurkan persaudaraan, persatuan, gotong royong dan saling menolong diantara kita” harap Beliau dalam sambutannya.

Selanjutnya jamaah haji masuk ke bis untuk pulang menuju ke daerahnya masing-masing.(gt)