Berita

Halaman Berita

Awal tahun, Kemenag Ukur Arah Kiblat 120 Kamar Pasien

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 19 Januari 2019

* Tim Kemenag Rembang dan BHR ketika mengukur arah kiblat di salah satu RS di Rembang.

Rembang – Mengawali tahun 2019, Kementerian Agama Kabupaten Rembang menggandeng Badan Hisab Rukyah (BHR) Kabupaten Rembang mengadakan pengukuran arah kiblat 120 kamar pasien sebuah rumah sakit di Rembang. 
Kegiatan ini diadakan pada Rabu (16/1/2019). Tim Kemenag dan BHR yang terdiri atas tiga orang, yaitu Gara Syariah Kankemenag Kabupaten Rembang, Ali Muchyidin, tim BHR Fahrur Rohman dan Sutrisna memasang alat teodolit dan kompas untuk memulai mengukur setiap kamar pasien.
Gara Syariah, Ali Muchyidin mengatakan, ukur kiblat merupakan tugas dan fungsi dari Kemenag, utamanya di bidang Syariah. “Setiap ada permintaan ukur kiblat, kita layani secara gratis,” kata Ali Muchyidin.

Apalagi di fasilitas umum seperti musholla dan masjid. Demikian pula kamar pasien yang sangat membutuhkan arah kiblat. “Ukur arah kiblat ini mutlak dilakukan karena menyangkut urusan ibadah. Kamar pasien Rumah Sakit sangat membutuhkan arah kiblat, karena pasien atau penunggu pasien biasanya menunaikan salat di ruangan,” ungkap Ali.

Penanda kiblat pun telah terpasang. Rumah Sakit yang terbilang baru di Rembang ini telah menambah kelengkapannya, karena kenyamanan pasien mendapatkan petunjuk yang tepat untuk melaksanakan ibadah wajib.
Ali mengimbau, semua fasilitas umum hendaknya juga mengadakan ukur kiblat. Hal ini untuk menjamin kepastian ibadah masyarakat. “Bagi pengelola fasilitas umum, mushola, masjid, atau lokasi lainnya bisa mengajukan permohonan ukur arah kiblat kepada kami Kemenag Rembang,” pungkasnya. -- iq/bd


Dibaca sebanyak 57 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

PENTAS PAI Sebuah Wahana Pembelajaran Langsung Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 22 Juli 2019

Upacara Pembukaan KSM, Ini Pesan Plh. Kakankemenag Kota Tegal Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 22 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial