Berita

Halaman Berita

Perubahan Pola Pikir Salah Satu Kunci Kemajuan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 15 Maret 2019

* Kepala MIM Gembong, Sehnur manudin saat melakukan kerjasama dengan Guru Besar SK Parit Setongkat Muar Johor- Malaysia.

Purbalingga - Madrasah hebat merupakan lembaga pendidikan yang mampu melahirkan siswa dengan  keberanian dan kepercayaan diri yang proporsional. Melalui para guru, madrasah perlu mereposisi diri dalam aktivitas kegiatan pembelajaran sesuai dengan paradigma zaman. Paradigma pembelajaran seorang guru saat ini adalah mengajar, mendidik dan melatih. Sayangnya, dominasi yang sering dilakukan sebagian besar guru adalah mengajar. Hal tersebut disampaikan Kepala MIM Gembong, Sehnur Imanudin dalam komunikasinya dengan Humas Kankemenag Purbalingga, Selasa (12/3/2019) usai memimpin Rapat Sosialisasi UAMBD dan USBN kepada wali siswa kelas VI di madrasahnya.

Menurutnya madrasah yang diminati konsumen, adalah madrasah yang di dalamnya terdapat para guru yang melakukan pendidikan dan pelatihan bukan hanya pengajaran. Karenanya para guru dalam beraktifitas juga harus menjadikan dirinya sebagai teladan bagi para peserta didiknya. Selain itu, banyak faktor-faktor yang harus dibenahi madrasah agar menjadi pilihan masyarakat.

“Di antaranya adalah building image dan sarana prasarana. Madrasah harus serius dalam merancang tampilan dengan menyerahkan hal tersebut kepada ahlinya,” katanya.

Ia mengungkapkan guru di madrasah bukan sekedar pembantu dalam dunia pendidikan sehingga mereka harus berani berbuat.

“Jangan terlalu lama berpikir tentang tidak boleh ini dan tidak boleh itu. Sekarang saatnya kita harus berani berbuat. Guru adalah penentu bukan hanya sekedar pembantu dalam pendidikan. Oleh karena itu kita harus berani berbuat karena ke depannya akan banyak tantangan baik internal maupun  eksternal,” jelasnya.

Menurutnya dibutuhkan kerja ekstra untuk mewujudkan madrasah hebat, bermartabat dan unggul serta menjadi pilihan utama.

“Mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah dan banyak tantangan. Kita tidak boleh cepat puas dan berpangku tangan hanya karena kita bisa bertahan. Jika guru-guru tetap mengandalkan moto asal madrasah bisa jalan maka sampai kapanpun kita tidak bisa menjadi yang terdepan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, salah satu langkah dalam mempercepat pertumbuhan madrasah adalah dengan meningkatkan brand ataupun value madrasah di masyarakat. Ada banyak cara untuk meningkatkan brand madrasah. Salah satunya dengan membentuk jaringan atau network dengan berbagai lembaga dan stake holder.

Hal yang sangat mendukung percepatan perkembangan madrasah adalah mindset atau pola pikir dari setiap komponen sivitas akademika yang ada di dalamnya. Karena percepatan pertumbuhan tidak mungkin terlaksana apabila orang-orang yang ada di dalamnya tidak memiliki standar etos kerja yang tinggi.

Untuk itulah madrasah yang dikelolanya telah melakukan kerjasama di bidang pengembangan pendidikan dengan Guru Besar SK Parit Setongkat Muar Johor- Malaysia. Penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) tersebut dilakukan di Resto Ongklok Wonosobo, Jumat (8/3/2019) dalam acara Simposium Regional Penguatan Management Kepala Sekolah/Madrasah Melalui Kemitraan Inovatif. (sar/bd)


Dibaca sebanyak 13 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


MAN 1 Kota Semarang Raih 5 Medali Yogyakarta Championship V Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 20 Maret 2019

Meski Kali Pertama, Siswa Tak Grogi ikuti UAMBN BK Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 20 Maret 2019

NGOPI, Sarana Berbagi Informasi dan Solusi Masalah Pendis Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 20 Maret 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial