Berita

Halaman Berita

Ratusan Muslimah Pati Ikuti Pelatihan Pengurusan Jenazah

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 15 April 2018

* Ratusan muslimah Kab. Pati sangat antusias mengikuti Pelatihan Perawatan Jenazah Perempuan Muslim, di aula Kankemenag Kab. Pati.

PATI - Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang bagaimana memandikan jenazah, Majlis Ta'lim Perempuan Al-Mabruroh IPHI Kabupaten Pati menggelar pelatihan perawatan jenazah perempuan muslim, bertempat di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Ahad (15/4/2018).

Kegiatan yang merupakan program kerja MTP Al-Mabruroh IPHI Kabupaten Pati di bidang moral dan agama ini diperuntukkan bagi pengurus dan anggota MTP serta perwakilan muslimah dari kecamatan se Kabupaten Pati.

Animo antusias masyarakat, khususnya wanita muslimah di Pati sangat tinggi, terbukti sebanyak 170 orang turut andil menjadi peserta pada kegiatan tersebut. Kegiatan ini menghadirkan 2 (dua) nara sumber yakni Achmad Khoiron (Ketua FKUB Kab. Pati) dan Bustanul Arifin (salah satu penyuluh fungsional di lingkungan Kankemenag Kab. Pati).

Latar belakang kegiatan ini dilaksanakan, karena merupakan salah satu urusan umat islam yang hukumnya fardhu kifayah, yaitu dalam satu wilayah harus ada yang memiliki kemampuan mengurus jenazah, ujar Ratna Mundiyati, salah satu pengurus MTP Al-Mabruroh kepada kami di sela-sela pelaksanaan kegiatan tersebut.

Selain itu juga sedikitnya atau langkanya masyarakat yang memiliki kemampuan memandikan jenazah, imbuhnya.

Adapun tujuan kegiatan ini diharapkan agar pengurus dan anggota MTP dan masyarakat umum khususnya sasaran perempuan memiliki kemampuan dalam memandikan jenazah, jelasnya.

Menurut Ratna, melalui kegiatan ini diharapkan bisa menjalin silaturrahmi agar anggota MTP bersinergi dalam mengelola urusan umat, tambahnya.

Sementara, Penasehat MTP Al-Mabruroh Ibu Nyai Hj. Musti’ah Jayusman mengatakan, memandikan mayit adalah kewajiban kifayah jika kita bisa termasuk dalam sebagian yang melaksanakan kewajiban, itu artinya kita memiliki anugerah lebih untuk bisa menolong sesame, paparnya.

"Karena faktor itulah kami menilai bahwa pengetahuan, pembelajaran atau pelatihan tata cara serta etika memandikan mayit adalah penting," katanya.

Ia mengharapkan melalui kegiatan ini bisa bermanfaat dimasyarakat, menambah ilmu serta menjadikan diri lebih bermanfaat ketika diperlukan oleh sesama.

Menurut Musti’ah, pelatihan pengurusan jenazah wanita dimaksudkan untuk membekali muslimah tentang pengurusan jenazah yang benar sesuai dengan tuntunan sunnah.

Kemampuan pengurusan jenazah wanita ini juga bagian dari program Muslimah Jamaah Muslimin di Wilayah Kabupaten Pati, tegasnya.

“Sering dijumpai di masyarakat umum orang-orang yang memiliki kemampuan pengurusan jenazah sangat sedikit,” katanya.

Peserta pelatihan secara rinci dilatih bagaimana memandikan dan mengkafani jenazah yang benar, termasuk melipat rambut jenazah perempuan dan juga menshalatkannya. Tak ketinggalan pula tuntunan serta doa menghadapi orang yang sakaratul maut.

Bahkan untuk lebih memahamkan pada peserta, prakteknya menggunakan media salah satu dari peserta.

“Setelah pelatihan ini nantinya para peserta diharapkan juga dapat mengajarkan pada orang lain, sehingga muslimah yang memiliki pengetahuan pengurusan jenazah akan lebih banyak lagi,” ujar Musthi’ah.

Ditambahkan, minimal pelatihan ini bisa dipraktikkan ketika ada kerabat terdekat meninggal dunia. Daripada menyerahkan pengurusan kepada orang lain, lebih utama saudara-saudara semahram yang melakukannya, ujarnya.

“Tindakan tersebut adalah tanda bakti terakhir terhadap almarhumah tercinta. Jika diurus saudara sendiri dijamin ikhlas dan penuh kasih sayang,” katanya.

Layaknya orang hidup, jenazah juga memiliki rasa malu. Mereka yang meninggal pasti tidak mau terungkap aibnya akibat dimandikan oleh orang lain. Apalagi, menjadi tontonan tetangga atau lingkungan, jelasnya.

Inilah, pentingnya jenazah diurus oleh kerabat yang memiliki mahram. Jenazah pria yang mengurus saudara-saudara yang pria. Sebaliknya, jika yang meninggal perempuan, ibu, anak-anak, atau saudara-saudara perempuan yang mengurusnya, urainya.

Dari rangkaian pelatihan mengurus jenazah tersebut, banyak sekali manfaatnya.“Minimal mengingatkan kita akan kematian yang pasti kita alami juga,”pungkasnya. (Athi’/bd)


Dibaca sebanyak 53 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Dengan Nama Baru, MTsN 1 Pati Semakin Berbenah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 22 April 2018

MTsN 3 Pati Berbagi Dengan Yatim Piatu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 22 April 2018

Memaknai Hari Kartini Versi Mas Gun’s, Santri PNH Kajen Pati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 22 April 2018

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial